PENGGUNAAN METODE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VI DI SDN MERTAK PAOK

Ahmad Zainul Irfan

Abstract


Berbagai cara dan metode dilakukan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar untuk menyampaikan informasi agar efektif dapat diterima oleh siswa. Namun, seefektif apapun penyampaian materi pelajaran oleh guru, tidak semuanya dapat diterima oleh siswa. Ketika pemahaman siswa dirasa masih belum maksimal, tentu seorang guru harus memikirkan cara agar siswa dapat berlatih lebih banyak tentang materi tersebut. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas VI SDN Mertak paok.  Subjek penelitian berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pembelajaran IPA dengan metode Talking Stick pada siswa kelas VI SDN Mertak paok. (2) Untuk mengetahui dan menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode Talking Stick pada siswa kelas VI SDN Mertak paok. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu penelitian ini akan mendiskripsikan peristiwa yang terjadi dalam bentuk kalimat, untuk melengkapi data kualitatf digunakan juga data kuantitaif yaitu untuk mengukur hasil belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan pada siswa. Data kuantitaif berupa angka hasil belajar siswa, sedangkan data kualitatif merupakan ungkapan yang menunjukkan tentang proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran dengan penerapan metode Talking Stick karena menunjang keberlangsungan pembelajaran sehingga meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hasil belajar yang diperoleh siswa mengalami peningkatan, dari siklus I sebesar 58% meningkat menjadi 84% pada siklus II. Penerapan metode Talking Stick diharapkan dapat digunakan kembali untuk semua jenjang kelas, karena dalam penelitian ini membuktikan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN Mertak paok.

Keywords


Ketrampilan berbicara, Hasil belajar, talking stick

Full Text:

PDF

References


Abdul Aziz Wahab. 2009. Metode dan Model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2008.

Agus Suprijono, Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Anas Sudijono, Pengantar Statistic Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD/MI. Jakarta: Depdikbud. Burhan Nurgiyantoro. 2009. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Multi Presindo.

Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana. Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi Arikunto. 2014..

Miftahul Huda. 2014. Model – model Pembelajaran dan pengajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar.

Nana Sudjana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Punaji Setyosari. 2010.

Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Sutrisno,dkk. 2008. Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: DPN. Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.9125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics