PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN KOGNITIF ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL

Aspini Aspini, Mujiburrahman Mujiburrahman, Ahmad Muzanni

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap keterampilan kognitif anak  usia 5-6 tahun di RA Terampil Dasan Sari tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelompok B di RA Terampil Dasan Sari yang berjumlah 10 orang. Metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi pre tes dan post test sebagai metode utama, sedangkan metode dokumentasi dan wawancara sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t-tes. Dari hasil uji t tes menunjukkan bahwa nilai hitung   sebesar 24,17, t tabel dengan taraf signifikan 5% pada db 10, ternyata besarnya angka batas penolakan Hipotesis Nol (Ho) yang dinyatakan dalam tabel distribusi t adalah 1,833, kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari pada nilai t  tabel (24,17  1,833). Hal ini berarti bahwa Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Ada pengaruh permainan puzzle terhadap keterampilan kognitif anak pada usia 5-6 tahun di RA Terampil Dasan Sari tahun pelajaran 2019/2020, artinya hasil penelitian ini adalah “signifikan”.

Keywords


permainan puzzle, keterampilan, kognitif

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman & Jumailiah, 2017. Pendidikan Statistik : Yogyakarta.

Al-Azizy, 2010. Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Ingatannya. Jogjakarta: Diva Press.

Al-Qur’an Terjemahan, 2011. Kementrian Agama Republik Indonesia Jakarta Timur : PT. Akbar Media Eka Sarana.

Alwi, Hasan, dkk, 2020 Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Arikunto, Suharsmi 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

http://anggunpaud.kemdikbud.go.id/index.php/berita/index/20180930123905/Mafaat-Bermain-Puzzle-untuk-Anak Diakses tanggal 27/11/2019, Jam 15.30

http://eprints.ums.ac.id/54845/1/01.NASKAH%20PUBLIKASI.pdf diakses tanggal 27/11/2019 jam 09.30

http://repository.iainbengkulu.ac.id/2800/1/BAB%20I-V.pdf Di akses pada tgl

https://en.wikipedia.org/wiki/Puzzle Online,(2016). Diakses pada tgl : 27/11/2019 jam 10.00.

https://media.neliti.com/media/publications/111977-ID-pengaruh-alat-permainan-edukatif-puzzle.pdf diakses tanggal diakses tanggal 27/11/ 2019 jam 10.15

IKIP MATARAM, 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Kurikulum 2013, 2018. Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Lilis Maghfuroh,2004. Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Manyaran, Kopertis Wilayah X 55.

Maslihah, Sri,2005. Detekksi Dini Perkembangan Kognitif Anak. Makalah dipresentasikan pada acara Penyuluhan Deteksi Dini Tumbuh Kembang.

Muiz Azizah, dkk, 2002. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan, 2008. Jakarta: Balai Pustaka.

Nazir, 1998. Metode Penelitian, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.

Nurkencana, dkk., 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional

Permendiknas No. 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.

Pudjiati, S.R.R dan Masykouri, AlZena, 2011. Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2

Rahmanelli, 2007. Efektivitas Pemberian Tugas Media Puzzle dalam Pembelajaran Geografi Regional”. Jurnal Pelangi Pendidikan.

Rifa, I, 2012. Koleksi Game Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flash Books.

Rokhmat, Joni, 2002. Pengembangan Taman Edukatif Berbasis Permainan untuk Permainan di TK dan SD, Jurnal Dinamika Pendidikan.

Situmorang, M. A, 2015. Meningkatkan Kemampuan Memahami Wacana Melalui Media Pembelajaran Puzzle, Diper-oleh tanggal 3 Januari.

Sugiono, 2009. Metode Penelitian Pendidikan / CV. ALFABETA, 415

Susanto, Ahmad, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini, Jakarta.

Tadkiroatun Musfiroh, Sri Tatminingsih, 2017. Bermain dan permainan Anak Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Tahun, Jakarta: Dirjen PAUDNI.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.9046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics