PENGARUH KONSELING HUMANISTIK TERHADAP SIKAP MORAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 MATARAM

Ariyani Putri, Eneng Garnika

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di SMPN 1 Mataram dapat dilihat secara langsung bahwa masih banyak siswa yang belum memiliki sikap moral yang baik, seperti kurangnya sopan santun, tidak mematuhi aturan , kurangnya rasa tanggung jawab. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Konseling Humanistik Terhadap Sikap Moral Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Konseling Humanistik Terhadap Sikap Moral Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode utama, observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 82 siswa dan 10 siswa yang memiliki sikap moral rendah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test, dimana hasil analisis data t hitung sebesar 8,49 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 9  sebesar 2,262. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (8,49 > 2,262), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh konseling humanistik terhadap sikap moral pada siswa kelas VIII Di SMPN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2022/2023.

Keywords


Konseling Humanistik, Sikap Moral

Full Text:

PDF

References


Besari, A. (2021). Perkembangan Sikap dan Nilai Moral Peserta didik Usia Remaja. Jurnal Paradigma, 11(1), 25-43.

Dwiyanti, R. (2013). Peran Orangtua Dalam Perkembangan Moral Anak (Kajian Teori Kohlberg)

Faradila, A. H., Holilulloh, H., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Pemahaman Ideologi Pancasila Terhadap Sikap Moral Dalam Mengamalkan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kultur Demokrasi, 2(7).

Fitri, Q., Mahmud, A., & Saman, A. (2019). Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makassar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41-52

Gantina komalasari, Eka Wahyuni, Karsih. Teori dan Teknik Konseling, 2011:265 PT Indeks, Jakarta.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hudi, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan Moral (Moral Knowing) Terhadap Perilaku Moral (Moral Action) Pada Siswa SMP Negeri Kota Pekanbaru Berdasarkan Pendidikan Orangtua. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 30-44.

Khairani, B. N. A. C., & Sulastri, N. M. (2022). Pengaruh Layanan Konseling Humanistik Terhadap Perilaku Agresif Pada Siswa Kelas XI IPS-4 Di SMA Negeri 7 Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2).

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Muchson, 2013. Dasar-Dasar Pendidikan Moral Berbasis Pengembangan Pendidikan Karakter.

Muis, A. A. (2019). Studi Komparatif Tentang Sikap dan Perilaku Moral Antara Siswa Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 44-57

Muzaki M, Nuraldina SD. Implementasi Konseling Eksistensial-Humanistik untuk Meningkatkan Self-Esteem pada Siswa Terisolir di Cirebon. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal. 2020;3(2):197-210.

Oktaviana, Nur Fatma, and Wuri Wuryandani. "Pengembangan media big book untuk meningkatkan perilaku moral pada anak usia 5-6 tahun." (2019).

Pamungkas, M. S. (2019). Kurangnya Etika Akan Berdampak Pada Pendidikan Dan Masyarakat. INA-Rxiv. June, 20

Rosada, U. D. (2016). Model pendekatan konseling client centered dan penerapannya dalam praktik. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1), 14-25

Sugiyono, 2015.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2014. Perosedur Peneitian Sutu Pendekatan Praktik. PT Rineka Cipta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8909

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics