RANCANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGATASI PROBLEMATIKA EKSTERNAL MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA 2020

Wardatul Hamidah

Abstract


Penelitian ini dilator belakangi karena adanya suatu problematika yang dihadapi oleh mahasiswa selama masa perkuliahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Profil problematika eksternal dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora angkatan 2020. 2) Merancang program layanan Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi problematika eksternal mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora angkatan 2020.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development  (R&D). Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora angkatan 2020 dengan jumlah sebanyak 472 orang mahasiswa. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 82 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, dan instrument yang digunakan adalah angket.Berdasarkan hasil penelitian ini, mengungkapkan bahwa : 1) Profil problematika eksternal mahasiswa Fakultas ilmu Sosial dan Humaniora angkatan 2020 berada pada kategori tinggi. 2) Rancangan program yang telah divalidasi, berada pada kategori ”Diterima”. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada konselor Labor BK Universitas PGRI Sumatera Barat agar dapat menerapkan rancangan program layanan bimbingan dan konseling untuk mengatasi problematika eksternal mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora angkatan 2020 Universitas PGRI Sumatera Barat.

Keywords


Rancangan Program, Implementasi

Full Text:

PDF

References


Ardimen, 2017. Bimbingan dan Konseling Komprehensif Berbasis Karakter Cerdas dan Aplikasinya Melalui Bimbingan Teman Sebaya di Era Globalisasi : IAIN Batusangkar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Vol. 12, No. 2

Arum. 2019.Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. Vol 4, No. 2

Ebtanastiti, Fajar Dyah. 2014. Survei Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK. Vol.04, No.03 Hal:5

Febriani, Deni. 2020. Bimbingan dan Konseling. Bengkulu: Brimedia Global

Masdudi.2015. Bimbingan dan Konseling Perspektif Sekolah. Cirebon: Nurjati Press.

Paryati Sudarman. 2004. Belajar Efektif di Perguruan Tinggi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Riduan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sabela, Rosyana Amelia. Layanan Home Visit dalam Mengatasi Permasalahan Motivasi Belajar pada Siswa:Literature Review. Jurnal Umpalangkaraya, Vol 6 No 2,Maret 2021.

Sitinjak, Labora. 2016. Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya.Vol.2,No.2,hal 23-24.

Sugiyono.2014. Metodologi Peneitian Kuantitatif, Kulaitatif. Bandung : Alfabeta

Sulasamono. 2012. Problem Solving: Signifikansi, Pengertian dan Ragamnya. Jurnal Satya Widya, Vol.28, No.2,Hal:158.

Suprima. 2021. Dakwah di Mada Pandemi Covid-19: Eksistensi Prblematika serta Solusi. Jurnal Ilmu Dakwah. Vol. 41, No 1 Hal: 88.

Widada,2017. Konferensi Kasus Sebagai Teknik Pemecahan Masalah Konseli. Jurnal Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan dan Konseling Berbasis KKNI, Vol.4.

Yusuf, Samsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics