PENGARUH KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP PERILAKU CONDUCT DISORDER DI SENTRA “PARAMITA” MATARAM TAHUN 2023

Lina Lestari, Ni Ketut Alit Suarti, Jessica Festi Maharani

Abstract


Penelitian yang menggambarkan Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy Terhadap Perilaku Conduct Disorder di Sentra Paramita Mataram. Konseling Cognitive Behavior Therapy dipahami sebagai salah satu pendekatakan psikoterapi yang cukup sering diterapkan oleh konselor dalam mengatasi permasalahan terkait kognitif dan perilaku. Sedangkan perilaku Conduct Disorder merupakan pola perilaku yang melanggar norma sosial yang dilakukan secara berulang-ulang, dapat merugikan diri sendiri, orang lain dan bahkan binatang. Adapun yang melatarbelakangi peneliti tertarik untuk membuat skripsi ini didasarkan pada hasil observasi dan wawancara awal peneliti dengan Pekerja Sosial di Sentra Paramita Mataram, dimana terdapat anak binaan dengan perilakugangguan perilaku yang semakin melemahkan perilaku serta menghambat proses rehabilitasi anak binaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test – post-test design . Teknik pengumpulan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling . Sampel yang diadaptasi pada penelitian ini adalah 43 anak binaan usia 13-17 tahun atau remaja. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok dan metode observasi, wawancara dan dokuemntasi sebagai metode pelengkap. Analisis data menggunakan rumus uji-t . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung sebesar (9,199), sedangkan untuk nilai t tabelpada taraf signifikansi 5% sebesar (2,262). Karena t hitung lebih besar dari nilai t tabel (9,199 > 2,262) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi hasil penelitian ini menunjukkan Ada Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Therapy terhadap Perilaku Conduct Disorder Tahun 2023. Artinya hasil penelitian ini ditanyatakan Signifikan ”.

Keywords


Konseling Cognitive Behavior Therapy, Conduct Disorder

Full Text:

PDF

References


Burns, R. B. (1997). Konsep Diri. Bandung: Alfata Beta.

Corey, Gerald. (2013). Teori dan Praktek. Bandung: PT. Eresco.

Flanagan, J.S, & Flanagan, R. S. (2015). Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice. Skills, Strategies and Tecniques. John Wiley & Sons, Inc.

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Jabbar, A. Dkk. (2019). Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kematangan Karir. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan 2 (1), 35-46.

Kartono, Kartini. (2010). Kenakalan Remaja. Jakarta Selatan: Rajawali Pers.

Komalasari. (2011). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Komalasari. (2011). Pembelajaran Konstektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Muchlisin. (2021). Conduct Disorder (Pengertian, Ciri, Jenis, Penyebab dan Terapi Pengobatan).

Novitasari, dan Kumara. (2009). Perilaku Memaafkan pada Anak dengan Conduct Disorder. Jurnal Psikologika. 4 (2). 239- 240.

Putranto, Kasandra. (2016). Aplikasi Cognitive Behavior dan Behavior Activation dalam Intervensi Klinis. Jakarta Selatan: Grafindo Books Media

Santrock, J. (2015). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, dkk. (2020). Conduct Disorder Perspektif Al- Qur’an dan Psikologi (Kajian Integrasi). An- Nida’. 44 (2): 167- 170.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics