PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP CALON GURU BK DI SEKOLAH DASAR

Lalu Jaswandi

Abstract


Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Diantara faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar adalah sumber daya yang termasuk didalamnya guru, sarana dan prasarana. Kemampuan dan kreatifitas guru sangat diperlukan dalam merancang dan mengimplementasikan berbagai stategi pembelajaran yang dianggap cocok dengan minat dan bakat serta sesuai dengan taraf perkembangan siswa termasuk di dalamnya memanfaatkan berbagai sumber dan media pembelajaran untuk menjamin efektifitas pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan serta kreatifitas guru dalam proses pembelajaran maka sangat dibutuhkan penerapan desain media pembelajaran interaktif bimbingan dan konseling untuk meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengajar calon guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain model media pembelajaran interaktif yang mampu meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan mengajar calon guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan model penelitian pendidikan dan pengembangan (Educational Research and Development model). Hasil penelitian ini menunjukkan bawha rata-rata penguasaan konsep mahasiswa yang menggunakan media pembelajaran interaktif lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang belajar tanpa media pembelajaran..


Keywords


Media pembelajaran interaktif dan Penguasaan Konsep

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Karim H. 2007. Media Pembelajara. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

AECT. 1977. Definisi Teknologi Pendidikan (satuan tugas definisi & terminologi AECT). Jakarta: Rajawali.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Cheng, G. 2009. Using game making pedagogy to facilitate student learning of interactive multimedia. Australia: Australasian Journal of Educational Technology

Heinich, Robert, ET. Al. 1996 Instructional Media and Technologies for learning (5th Ed). New Jersey: A Simon & Schuster Company Engelewood Cliffs.

http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UUNo142005%28Guru%20&%20Dosen%29.pdf

Khaeruman, 2013. Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Media Animasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biokimia. Jurnal Hidrogen FMPIA IKIP Mataram

Mujiburrahman, 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis dan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan IKIP Mataram

Munir, (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nandi, 2006. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi Vol. 6, No.1, April

Rusman, 2005, Model-model Multimedia Interaktif Berbasis Komputer, P3MP, UPI.

Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran berbasisteknologi dan informasi dan komunikasi. Jakarta: Rajawali.

Uno, Hamzah B & Nina Lamatengngo. 2011. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi. Bumi Aksara: Jakarta

Weda, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Warsita, B. 2002. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v5i1.8710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics