KONSELING HUMANISTIK TERHADAP PERILAKU JUJUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUELA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

M. Najamuddin

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh konseling humanistik terhadap Perilaku Jujur pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling humanistik terhadap Perilaku Jujur pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rancangan desain one group pree test dan post test design. Dalam penelitian ini populasi siswa berjumlah 40 orang dengan 10 orang siswa sebagai sampel yakni yang memiliki perilaku jujur terendah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dan untuk menganalisis data menggunakan rumus t-test, dimana analisis data t hitung sebesar 6,794 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 9 sebesar 2,262. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (6,794>2,262), sehingga dapat disimpulkan Ada pengaruh konseling humanistik terhadap perilaku jujur pada siswa kelas XI SMAN 1 Suela.


Keywords


Konseling Humanistik, Perilaku jujur

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2013: 15 Pengertian Tentang Konseling Humanistik. Jakarta.Barat: 2007.112/

Corey, G. 2005. Teori Dan Praktik Konseling & Psikoterapi. PT. Refika Aditama: Bandung.

Depdiknas.2002: 849.Pengaruh Dalam Kamus Bahasa Indonesia.Bandung:2010.htpp//

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Kesuma Ddk. 2011: 16. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda. Lestari. 2010. Pengertian sikap kejujuran

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Mardalis.2014. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara. PT. Rafika. Adiatma.789

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Prosedur Penelitian. Jakarta;

Misiak dan Sexton. 2005: 45. Psikologi Fenomenologi, Eksistensial dan Humanistik Bandung: PT. Rafika Aditama. Fathurrohman dkk. 2013: 19. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT.

Mohammad. 2011: 13-15 Pengertian Sikap Kejujuran.Buku.Dasar-Dasar Bimbingan-Konseling/Cirebon.2017

Poerwadarminta. 2003: 731 Pendapat Pengertian Pengaruh.JurnaHumanistik//2015.

Sayekti.1997. Berbagai Pendekatan dalam Konseling.Yogyakarta: Menara Mass Offset. 2010:12.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prosedur Penelitian. Jakarta:

Sugiyono.2015: 177.Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prosedur Penelitian. Jakarta:

Suharsimi.2006: 173. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi.2006: 69. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi.2010: 65. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suparman, “Studi Perbedaan Kualitas Sikap Jujur Siswa Kelas III SMA Negeri 12 Kota Madiun

Suryabrata. 2006: 102 Desain Gambar Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara. PT. Rafika. Adiatma.

Suryana. 2015: 81 Mengemukakan Sampel Adalah Bagian Dari Populasi. Jakarta: Bumi Aksara.PT.Rafika.Adiatma.

Syah.Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zuriah. 2008: 49 Pengertian Sikap kejujuran.BukuPedoman.Bandung:PT.Jayamandiri




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics