Pengembangan Media Rubikons Untuk Meningkatkan Hubungan Positif Dengan Orang Lain Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Aletheia

Amelia Septianing Ariyanti, Ari Khusumadewi

Abstract


Masih banyak ditemui permasalahan terkait rendahnya kesejahteraan psikologis pada mahasiswa di Sekolah Tinggi Teologi Aletheia Lawang, khususnya pada dimensi hubungan positif dengan orang lain. Namun di sisi lain, juga terdapat keterbatasan tenaga ahli serta belum adanya media bimbingan dan konseling yang mampu menangani permasalahan tersebut. Sehingga dalam penelitian ini, dikembangkanlah sebuah media berupa aplikasi Rubikons dan buku panduan aplikasi yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan hubungan positif dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media Rubikons yang memenuhi kriteria akseptabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 tahap awal pada prosedur pengembangan milik Borg & Gall.

Sebelum dikembangkan, dilakukan kajian pustaka untuk mengetahui relevansi produk dengan penelitian terdahulu dan menentukan materi yang akan dicantumkan dalam produk. Selanjutnya produk mulai dirancang dan dikembangkan hingga menjadi bentuk fisik. Tahap utama dalam penelitian ini adalah menguji validasi dan keterbacaan produk yang dilakukan oleh para ahli dan calon pengguna. Setelah memperoleh hasil penilaian, dilakukan revisi produk. Diperoleh hasil persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 90% untuk aplikasi dan 91% untuk buku panduan aplikasi, ahli media sebesar 89% baik pada aplikasi maupun buku panduan aplikasi, dan calon pengguna sebesar 95% baik pada aplikasi maupun buku panduan aplikasi. Sehingga dapat dinyatakan bahwa produk telah memenuhi kriteria akseptabilitas dan tergolong sangat baik serta tidak perlu revisi.

Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, kesejahteraan psikologis, hubungan positif dengan orang lain, media bimbingan dan konseling


Keywords


penelitian dan pengembangan; kesejahteraan psikologis; media; bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Borg & Gall, (1983). Educational Research, An Introduction., New York and London: Longman Inc.

Doriza, S., Irzal, M., Muhidin, A., & Sari, D. K. (2019, December). Implication of the use of Android-based App Pie application on children counseling subject. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1402, No. 6, p. 066091). IOP Publishing.

Eva, N., Shanti, P., Hidayah, N., & Bisri, M. (2020). Pengaruh dukungan sosial terhadap kesejahteraan psikologis mahasiswa dengan religiusitas sebagai moderator. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 122–131.

Hurlock, Elizabeth B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Gramedia.

Kurniawan, T. (2017). Pengembangan Aplikasi Pengenalan Bimbingan Dan Konseling Berbasis Android Sebagai Media Layanan Informasi Untuk Siswa Smp Negeri 3 Gresik (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Mappiare, Andi. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Putra, P. H., & Novelan, M. S. (2020). Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Bimbingan Konseling Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknovasi, 7(1), 1–7.

Riyan, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pembelajaran Teks Eksposisi. Diksi, 29(2), 205–216.

Ryff, C. D. (1989). Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 57(6), 1069.

Santrock. J. W. (2002). Adolescence: Perkembangan Remaja (Edisi Keenam). Jakarta: Erlangga.

Stufflebeam, D. L., & Coryn, C. L. S. (2014). Evaluation Theory, Models, & Apllications (Second). San Francisco: Jossey-Bass

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah Laku Sosial Pada Siswa Kelas XII Kr1 Di SMKN2 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(3), 1-6.

Yuliani, I. (2018). Konsep psychological well-being serta implikasinya dalam bimbingan dan konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 51–56.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics