PENGARUH KONSELING INDIVIDU TERHADAP BULLYING PADA SISWA

Ni Made Sulastri

Abstract


Pendidikan pada dasarnya menghantarkan siswa untuk menuju pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral, maupun social. Perubahan tersebut diharapkan menghasilkan individu yang mampu berinteraksi sosial dengan manusia lain dan dengan lingkungannya, tetapi pendidikan tidak terlepas dari permasalahan seperti kekerasan seksual, kekerasan guru terhadap peserta didik, pergaulan bebas, serta permasalahan yang sangat umum terjadi adalah bullying. Hal ini mengakibatkan banyak peserta didik yang kemudian tidak fokus dalam menuntut ilmu sehingga prestasi belajar menurun dan kecenderungan untuk tidak mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, mereka kemudian cenderung mencari kesenangan lain yang lebih menjurus pada hal-hal berbau negatif. Sehingga perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh konseling individu terhadap bullying pada       siswa. Sampel yang digunakan adalah 8 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode utama, metode dokumentasi dan wawancara sebagai pelengkap. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik dengan rumus t-tes. Berdasarkan hasil analisis data bahwa t hitung yang diperoleh adalah sebesar 5.559, sedangkan nilai t-tabel (5.559 > 2.365). Hal ini berarti H0 ditolak sedangkan     Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh konseling individu terhadap bullying pada siswa.


Keywords


Konseling Individu, Bullying

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi .2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.

Hallen A. 2002. Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Ciputat Pres.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2023. Hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 8 No 1 Edisi April 2023. Hal 1933 – 1945. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hikmawati, Fenti. 2010. Bimbingan Konseling, Jakarta: Rajawali.

Katyana, Wardhana. 2015. Buku Panduan Melawan Bullying. Jakarta: Sudahdong.com

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press. Link: https://www.scopus.com/record/display.uri?eid=2-s2.0-85149292394&origin=resultslist

Masyhuri dan Zaenuddin. 2009. Metodelogi Penelitian. Bandung : PT Refika Aditama.

Muri Yusuf. 2014. Metode Penelitian. Prenadamedia Group: Jakarta.

Priyatna,A. 2016. Let’s End Bullying.Memahami, Mencegah & MengatasiBullying. Jakarta : PT. ElexMedia Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode Dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sejiwa, 2008. Bullying : Mengatasi Kekerasan Di Sekolah Dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta : PT Grasindo.

Sugiyono, 2018. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Badung: Alfabeta.

Wibisono, S .2004. Anak-anak (selalu) Mengalami Kekerasan. Kalingga.EdisiJuli-Agustus. Sumatra Utara: PKPAdan Unicef.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics