IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING DI SEKOLAH DAN IMPLIKASI UNTUK GURU BIMBINGAN KONSELING

Andika Putra Pratama

Abstract


Bullying masih menjadi salah satu perilaku yang kerap kali terjadi di sekolah, mulai dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas pun tidak lepas dari perilaku negatif ini. Guru bimbingan konseling mesti berperan aktif dalam penanganan maupun pencegahan bullying ini agar dimasa depan tidak terjadi hal yang serupa menimpa para peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menyampaikan kepada pembaca bahwa penting untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya bullying, terutama di lingkungan sekolah dasar, dan implikasinya bagi peran guru bimbingan konseling. Metode yang dipakai penelitian ini adalah kajian pustaka. Dalam penelitian kali ini ditemukan terdapat banyak faktor yang menyebabkan seorang anak sampai dapat melakukan tindakan bullying.  Salah satu faktor yang berperan penting dalam perilaku bullying adalah pola asuh dan lingkungan keluarga. Karena bagaimana pun juga anak akan banyak menghabiskan waktu di lingkungan tersebut sehingga apabila lingkungan tersebut tidak sehat akan rentan membuat anak melakukan perilaku bullying. dalam penanganan nya guru bimbingan konseling berperan penting untuk mencegah dan menangani siswa yang melakukan perilaku bullying. banyak penelitian yang meneliti mengenai strategi yang dapat dilakukan oleh guru bimbingan konseling untuk mencegah, intervensi maupun menangani perilaku bullying anak. dapat disimpulkan bahwa peran guru bimbingan konseling ini sangatlah penting dalam pencegahan maupun penanganan perilaku bullying ini. guru bimbingan dapat mempelajari melalui faktor faktor  penyebab bullying dan memilih strategi yang tepat untuk menangani permasalahan tersebut

Keywords


bullying, sekola, guru, bimbingan konseling, implikasi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i2.8143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics