PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD

Ahmad Muzanni, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


 Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning yang layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya terhadap hasil belajar kogitif peserta didik kelas IV sekolah dasar.Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan divalidasi oleh ahli pembelajaran dan ahli evaluasi sebelum diujicobakan. Kemudian penerapannya dalam proses pembelajaran dinilai oleh guru kelas dan peserta didik. Perangkat pembelajaran berbasis problem based learningberupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Tes Hasil Belajar (THB) yang layak digunakan pada proses pembelajaran mendapatkan penilaian dengan kategori sangat baik dari ahli kecuali THB dengan kategori penilaian baik. Keefektifan perangkat pembelajaran dapat dilihat pada ketercapaian hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning lebih tinggi daripada peserta didik yang pembelajarannya dilakukan secara konvensional. Hal ini karena pemilihan materi “perubahan lingkungan dan pengaruhnya” dalam penyusunan perangkat pembelajaran menyajikan beragam permasalahan sehingga proses pemecahan masalah menarik bagi peserta didik.

 

Kata kunci: pengembangan perangkat pembelajaran, problem based learning, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

References


Apriani, A., Wangid, M.. Pengaruh ssp tematik-integratif terhadap karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas iii sd. Jurnal Prima Edukasia, North America, 3, jan. 2015. Available at: . Date accessed: 14 Jul. 2015.

Arthur, J., Grainger, T., & Wray, D. (2006). Leaning to teach in the primary school. London: Routledge.

Azwar, S. (2013). Tes prestasi fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Borg, W.R., & Gall, M.D. (1983). Educational reseach an introduction. New York, NY: Longman.

Hake, R.R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on mathematic and spatial visualization. Indiana Emeritus.

Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 1, No. 1.

Killen, R. (2009). Effective teaching strategies lesson from research practice (5thed). South Melbourne: Cengage Learning.

Kristiana, D. & Suyanto, W. (2013). Implementasi heuristic problem based learning dalam menyelesaikan soal cerita untuk meningkatkan prestasi dan sikap matematika. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 1, No. 1.

Lenski, S.J, & Casky, M.M. (2009). Using the lesson study approach to plan for student learning. Middle School Journal, Vol. 40, No. 3, Proquest, pg.50.

Matejka, K, & Kurke, B.L. (2011). Designing a great syllabus. College Teaching, Vol. 42, No. 3 (Summer, 1994), pp. 115-117.

Moonsri, A. & Pattanajak, A, (2013). Lesson planning in primary school using lesson study and open approach. Journal Psychology, Vol. 4, No. 12, 1068-1068.

Moore, K. D. (2009). Effective instructional strategies, from theory to practice. Thousand Oaks, California: SAGE.

Mustadi, A. (2013). Communication competence based language teaching: an English course design for primary teacher education. Yogyakarta: UNY Press.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Aplhabeta.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill.

Schunk, H.D. (2012). Learning theories an educational perspective. Boston: Person.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2006). Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Program Pascasarjana UNY.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.773

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics