EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK METAFORA BERBENTUK HEALING STORIES UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI AKADEMIK SISWA SMA

Hasrul Wahid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah rendahnya efikasi diri akademik siswa pada mata pelajaran matematika. Siswa yang memiliki efikasi diri akademik rendah, akan tampak kurang percaya diri, meragukan kemampuan akademiknya, tidak berusaha mencapai nilai tinggi, menghindari tugas-tugas sulit, dan usaha kurang optimal dalam pelajaran matematika. Sebaliknya, apabila efikasi diri siswa meningkat, akan membuat mereka lebih mudah dan lebih merasa mampu untuk mengerjakan soal-soal matematika yang dihadapinya, bahkan soal matematika yang lebih rumit sekalipun. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories dalam meningkatkan efikasi diri akademik siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test, post-test group control design.  Subjek penelitian adalah siswa SMAN 1 Kota Batu yang mengalami masalah rendah efikasi diri akademik pada mata pelajaran matematika yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 10 orang  kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol. Analisis data penelitian ini menggunakan statistik non parametrik yaitu uji Two Independent Sample Test Mann Whitney U. Hasil uji statistik menunjukkan nilai mean (14.90 > 6.10). Sedangkan output “test statisticᵇ” Z hitung lebih besar dari Z tabel yaitu (-3.329 > 0,05) dan nilai Sig. (2-tailed) untuk uji dua sisi adalah 0,001, atau probabilitas di bawah 0,05 (0,001 < 0,05). Hasilnya Ho ditolak, atau terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik metafora berbentuk healing stories efektif menigkatkan efikasi diri akademik siswa SMA pada mata pelajaran matematika.

Kata kunci: Konseling Kelompok, Teknik Metafora, Healing Stories, Efikasi Diri

Full Text:

PDF

References


Balitbang, Kemendikbud. 15 Agustus 2011. Survei Internasional TIMSS, (Online), (http://litbang.kemdikbud.go.id/detail.php?id=214), diakses 6 Desember 2011.

Bandura, A. 1997. Self-efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman.

Bandura, A. 2002. Self-Efficacy in Changing Societies. Cambridge University Press.

Burns, G.W. 2005. 101 Healing Stories for Kids and Teens: Using Metaphors in Therapy. New York: Wiley.

Burns, G.W. 2007. 101 Healing Stories: Using Metaphors in Therapy. New York: Wiley.

Chapman, R.D. 2009. The Use of Metaphor in Counseling: A Discourse Analysis. Columbia: University Of British.

Chesley, G.L., Gillett, D.A., & Wagner, W.G. 2008. Verbal and Nonverbal Metaphor With Children in Counseling. Journal of Counseling and Development,86, 399-411.

Corey, G. 2008. Theory & Practice of Group Counseling. (8 ed), California: Brook/Cole Publishing Company.

Gordon, D. 1978. Therapeutic Metaphor. Capitola, CA: Meta Publications.

Hayat, B. & Yusuf, S. 2010. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Jinks, J. & Morgan, V. 1999. Children's Perceived Academic Self-efficacy: An inventory Scale. Research Library.

Liputan6.com, 30 Juni .2005. Jumlah Siswa yang Tidak Lulus Meningkat, (Online), (http://news.liputan6.com/read/104442/jumlah-siswa-yang-tidaklulus-meningkat). diakses, 16juni-2011.

Lyddon, W.J., Clay, A.L., & Sparks, C.L. 2001. Metaphor and Change in Counseling. Journal of Counseling and Development, 79, 269-274.

Natawidjaja, R. 2009. Konseling Kelompok: Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.

Pajares, F. 1996. Role of Self-efficacy Beliefs in The Mathematical Problem-Solving of Gifted

Students. Contemporary Educational Psychology, 21, 325–344.

Pajares, F. 1997. Current Directions in Self-efficacy Research. In M.Maehr & P. R. Pintrich (Eds.), Advances in motivation and achievement (Vol. 10, pp. 1–49).Greenwich, CT: JAI Press.

Pajares, F. 2002. Self-efficacy Beliefs in Academic Setting: Review of Educational Research. Florida: Educational Research Council Research Bulletin.

Pajares, F., & Miller, M. D. 1994. Role of Self-Efficacy and Self-Concept Beliefes in mathematical Problem Solving: A Path analysis. Journal of Educational Psychology, 86, 193-203.

Parker, T.S. & Wampler, K.S. 2006. Changing Emotion: The Use Of Therapeutic Storytelling. Journal of Marital and Family Therapy,32, 155-166.

Powell, M.L., Newgent, R.A., Lee, S.M. 2006. Group Cinematherapy: Using Metaphor to Enhance Adolescent Self-esteem. Article In Press; The Arts In Psychotherapy,1-7.

Roberts, S. 1987. Therapeutic metaphors: A counseling technique. Journal of the Academy of Rehabilitative Audiology, 20, 61-72.

Schunk, D.H. 1991. Goal Setting and Self-Evaluation: A Social Cognitive Prespective on SelfRegulation:

In. M.L.Maehr & P.R. Pintrich (Eds), Advances in Motivation and Achievement (Vol 7, pp 85-113). Greenwich, Conn,:JAI.

Schunk, D.H. 1995. Self-Efficacy and Education and Instruction. In J.E. Maddux (Ed,.), Self-Efficacy, Adaptation, and Adjusment:Theory, Research, and Application (pp.281-303) New York: Plenum.

Usher, E.L., & Pajares, F. 2008. Sources of Self-efficacy in School: Critical Review of The Literature and Future Directions. Review of Educational Research, 78, 751796.

Wartanews.com, 23 Mei 2011. Matematika Pelajaran Tersulit, (online),




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics