PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA MATERI PECAHAN KELAS V

JASWANDI LALU

Abstract


ABSTRAK: Rendahnya kemampuan siswa dalam berhitung khususnya pada materi pecahan tidak terlepas dari gaya dan metode guru dalam menyampaikan materi. Proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode yang sama untuk semua materi pelajaran. Proses pembelajaran ini mengakibat kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk lebih aktif di dalam kelas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung materi pecahan dengan menggunakan model tutor sebaya siswa kelas V MI Raudhatul Ulum Batu Jangkih Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI Raudhatul Ulum Batu Jangkih. Untuk melihat keefektifan pembelajaran menggunakan model tutor sebaya, maka dilakukan uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji banding, dan uji ternormalisasi gain.Hasil uji normalitas kedua kelas adalah berdistribusi normal dan uji homogenitas menunjukkan kedua kelas berasal dari populasi yang sama. Pada uji normalitas nilai sig = 0,064 dan pada uji homogenitas dengan nilai sig = 0,073.Uji ketuntasan rata-rata kelas eksperimen diperoleh  = 6,846 > 1,703, artinya tolak H0, hasil analisis uji proporsi diperoleh = 1,721 > 1,64, artinya tolak H0, dan hasil analisis uji banding diperoleh = 4,248> 1,674 artinya tolak H0.

Kata Kunci:, Kemampuan Berhitung, Tutor Sebaya


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, F. & Weijun, W. 2014. “The Effect of Jarimatika Multimedia in Counting Ability of Children.” Information and Knowledge Management. Vol.4, No.6. Hal. 40-46.

Baharuddin & Wahyuni, N. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Bryan, L. 2005. “A Grimm Approach to Character Education.” Journal of Social Studies Research. Vol. 29, No. 1. Hal. 3-6.

Cohen, P.A., Kulik, J.A., & Kulik, C.C. 1982. “Educational Outcomes of Tutoring: A Meta Analysis Of Findings.” American Educational Research Journal. Vol. 19, No. 2. Hal. 237-248.

Duran, D. 2010. “Cooperative interactions in Peer Tutoring Patter and Sequentions in Paired Writing.” Middle Grades Research Journal. Vol. 5. No. 1. Hal 47-60.

Geary, D.C., et al. 2004. “Strategy Choices inSimple and Complex Addition: Contributions of Working Memory and Counting Knowledgefor Children with Mathematical Disability.” J Exp Child Psychology. Vol. 88, No, 2. Hal. 121-151.

Hake, R. 1998. “Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses”. American Association of Physics Teachers, Volume. 6 No. 1. Hal 64-74.

Kemendiknas, 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.

King, A. 1999. “Discourse Patterns for Mediating Peer Learning”. In A.M. O‟Donnell & A. King (Eds.). Cognitive Perspectives on Peer Learning. Mahwah, NJ: Erlbaum.

Koponen, T., et al. 2007. “Cognitive Predictors of Single-Digit and Procedural Calculation Skills and Their Covariation with Reading Skill.” Journal of Experimental Child Psychology. Vol. 97, No. 3. Hal. 220-241. (diakses http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0022096507000392).

Lefevre, J. A., et al. 2006. “What Counts as Knowing? The Development of Conceptual and Procedural Knowledge of Counting from Kindergarten Through Grade 2.” Journal of Experimental Child Psychology. Vol. 93, No. 4. Hal. 285-303.

Mesler, L. 2009. “Making Retention Count: The Power of Becoming a Peer Tutor.” Teachers College Record, Vol. 111, No. 8. Hal. 1894-1915

Pearsons, S., Croft, T., & Harrison, M. 2009. “Does Students' Confidence in Their Ability in Mathematics Matter? Teaching Mathematics and Its Applications. Vol. 28, No. 2. Hal. 53-68.

Petocz, P. et al. 2012. “Exploring Peer Learning: Student to Student, Lecturer to Lecturer.” Asian Social Science. Vol. 8, No. 14. Hal. 91-96.

Richardson, Coombs, R., & Tolson. 2009. “Character Education: Lesson For Teaching Social and Emotional Competence.” ProQuest Sociology. Vol. 31, No. 2. Hal. 71-78.

Roscoe, R. D., & Chi, M. T. 2007. “Understanding Tutor Learning: Knowledge-Building and Knowledge-Telling in Peer Tutors' Explanations and Questions.” Review of Educational Research. Vol. 77, No. 4. Hal. 534-574.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Topping, K. 2005. “Trends in Peer Learning.” Educational Psychology. Vol. 25, No. 6. Hal. 631-645.

Walker, E. N. 2007. “The Structure and Culture of Developing a Mathematics Tutoring Collaborative in an Urban High School.” The High School Journal. Vol. 91, No. 1. Hal. 57-67.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics