KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL SISWA AUTISMA DALAM LINGKUNGAN SEKOLAH FORMAL
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami kemampuan sosial siswa autisma dalam lingkungan sekolah formal di SDN 1 Sumbersari Malang, yang mana sekolah ini merupakan sekolah inklusi yang menerima anak berkebutuhan khusus.
Metode yang digunakan dalampenelitian ini adalah metode kualitattif deskriftif , karena penelitian ini menjelaskan keadaan fenomena di lapangan yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 3 orang, sedangkan analisa data dalam penelitian ini ini menggunakan teknik deskriftif yaitu berusaha memaparkan hasilpenelitian sebagaimana mestinya sesuai dengan data yang dikumpulkan kemudian dilanjutkan dengan menarik kesimpulan dengan membandingkan keadaan yang ada dilapangan dengan standar buku yang diacu pada teori yang ada. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan interaksi sosial siswa atutisma dalam lingkungan sekolah formal cukup baik, mereka mampu mengimitasi teman bermainnya, melakukan komunikasi dua arah, mematuhi perintah guru tanpa membantah , menyapa orang lain dan mampu menyebutkan nama teman sekelasnya.
Kata Kunci : Intraksi Sosial, Sekolah Formal
References
Azwar, Saifuddin, 2004. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hadis, Abdul. 2006. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Autistik. Bandung : Alfabeta
Handoyo. 2003. Autisma. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer
Lexy, J. Moleong. 2004. Metode Penelitian Kualitatif edisi Revisi.Bandung : Rosda
Walgito, Bimo 2003. Psikologi Sosial . Yogyakarta: Andi
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.769
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.