PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEMAMPUAN MERENCANAKAN STUDI LANJUT BAGI SISWA KELAS IX SMPN 3 PRINGGABAYA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Ani Endriani Endriani, Maemunah Maemunah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap kemampuan merencanakan studi lanjut pada siwa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya kabupaten lombok timur tahun pelajaran 2014/2015. Adapun jenis eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (Nondesign) atau eksperimen tidak murni, dan salah satu bentuk eksperimennya adalah One- Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Siswa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya yang berjumlah 148 orang, dan jumlah sampel diambil 25% dari populasi yakni 38 siswa, dan tekhnik penentuan sampel menggunakan  proportional random sampling.  Dalam penelitian ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket sebagai metode pokok, dokumentasi sebagai metode pelengkap. Untuk menganalisa data menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian yaitu : nilai t hitung sebesar 10,847 dan nilai t tabel distribusi pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,021 dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (10,847 > 2,021),) sehingga dapat disimpulkan “ Signifikan”. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nol (Ho) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh layanan informasi terhadap kemampuan merencakan studi lanjut bagi siswa kelas IX SMPN 3 Pringgabaya kabupaten lombok timur tahun tahun pelajaran 2014/2015.

 Kata Kunci: Layanan Informasi dan Merencakan Studi Lanjut


Full Text:

PDF

References


Anas Salahudin, 2010. Bimbingan dan Konseling. Bandung : CV. Pustaka Setia.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Renika Cipta.

Bimo Walgito, 2010. Bimbingan dan Konseling Studi dan Karier. Jakarat : CV. Andi Offset.

Djumuhur dan Surya.1975; Bimbingan dan Penyuluhan Di Sekolah (Guidance & Counseling). Jakarta : Perpustakaan Pusat. UII

Dekdikbud. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Juntika, Ahmad, Nurihsan. 2009. Bimbingan dan Konseling, dalam Berbagai Latar Belakang Kehidupan. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Prayitno & Amti, Erman. 2013. Dasar-dasar BK. Jakarta : Renika Cipta.

Poerwadarminta. 1978 ; Kamus Lengkap Inggris – Indonesia, Indonesia – Inggris Dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Jakarta : Perpustakaan Fakultas Agama Islam UII.

Purwoko, Budi. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya : Unesa University Press

Winkel & Sri Hartati. 2006. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Media Abadis




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics