PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V di SDN 1DASAN BARU LOMBOK BARAT NTB

Sarlita Kartiani Baiq, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode pembelajaran dan motivasi belajar tehadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Dasan Baru Lombok Barat Nusa Tenggara Barat.  Metode yang digunakan pada penelitan ini menggunakan metode treatment by level 2 x 2. Jumlah sampel penelitian sebanyak 60 siswa. Data kemampuan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial diperoleh melalu tes hasil belajar dan motivasi belajar. Untuk memenuhi persyaratan analisis dilakukan pengujian normalitas data dengan uji Liliefors dan untuk homogenitas menggunakan dan uji Fisher  uji Bartlet. Setelah pengujian analisis terpenuhi , uji signifikan data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilanjutkan uji Tukey untuk melihat interaksi kelompok dengan mengacu pada taraf signifikan α = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) secara keseluruhan metode pembelajaran make a match (A1) lebih tinggi dari pada metode pembelajaran picture and picture (A2). Hal ini didasarkan pada hasil perhitungan harga Fhitung yang lebih besar dari pada Ftabel (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Interaksi ini berdasarkan analisis varians dua jalur menunjukkan  harga F hitung lebih besar dari pada Ftabel yaitu 27.23 > 4.01 pada taraf signifikan α = 0,05 (3) Hasil uji tukey menunjukkan qh A1B1 dan A2B2 lebih besar dari qt , qh = 5.00 > qt = 1.95 maka H0 ditolak. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa hasil belajar IPS Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS bagi kelompok yang memiliki motivasi tinggi akan lebih berhasil apabila dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran make a match dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture. (4) qh untuk kelompok A1B2 dan A2B2 lebih besar dari pada qh = 2.20 > qt = 1.95 maka H0 ditolak, pembelajaran IPS bagi kelompok yang memiliki motivasi rendah akan lebih berhasil apabila dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran make a match. Implikasi penelitian ini adalah perlu diadakan pembekalan bagi guru untuk meningkatkan pengetahuan baru dalam proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar

 

ABSTRACT: The objective of this research the effect of teaching learning method and learning motivation toward the result of learning Social Sciences (IPS). This research was conducted at SDN 1 Dasan Baru West Lombok West Nusa Tenggara. The method used in this research using the method of treatment by level 2 x 2. Total sample of 60 students. Ability of data obtained through the results of social studies achievement test and the motivation to learn. To meet the requirements analysis testing with test data normality and for homogeneity Liliefors use Bartlet test and Fisher's exact test. After the analysis of the test are met, significant test data using analysis of variance (ANAVA) followed two paths and Tukey's test to see the interaction of group with reference to the significance level α = 0.05.
The findings of this study indicate that: (1) overall learning methods make a match (A1) 29.73 higher than the learning methods of picture and picture (A2). It is based on the results of the calculation of F is greater than F table (2) there is an interaction between learning method and motivation toward learning outcomes IPS. This interaction is based on analysis of variance showed a two-lane prices calculated F is greater than the F table is 27.23> 4:01 at the significant level α = 0.05 (3) Results of Tukey test showed qh A1B1 and A2B2 larger than qt, qh = 5:00> qt = 1.95 then H0 is rejected. Thus the second hypothesis which states that learning outcomes can thus be concluded IPS IPS learning for groups that have a high motivation will be more successful if carried out by using learning methods make a match compared to using learning methods picture and picture. (4) qh for A1B2 and A2B2 group great than qh = 2:20> qt = 1.95 then H0 is rejected, social studies lesson for the group with low motivation will be more successful if done using the picture and picture learning methods were compared using the method of learning the make a match.The implication of this study toward learning is to increase the ability of the result of social science. The practical implication can be developed from the result of this study, not only for social science but also for other subject of study.

Key Words : Learning Method, Learning motivation, Social Science Learning Achievement in Grade Elementary


Full Text:

PDF

References


Brahim Theresia K. Bahan ajar tentang Teori, Model, Pendekatan, Strategi, Metode, Tipe, Teknik, Taktik, Media dan Belajar. UNJ, 2012

Gunawan Rudy. Pendidikan IPS Filosopi, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta, 2011

Gay, L.R. Educational Research. Competencies for Analysis and Application Fifth Edition, 1992.

Gagne, Robert and Leslie J. Briggs, Principles ofInstructional Design. New York : Holt Rinehart and Winston, 2005.

Jamarah Syaiful Bahri dan Zein Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka, 2006

Jurnal Pendidikan Dasar, UNJ, 2012

Sapriya. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2009

Sholeh Asrorun Ni’am. Membangun Profesionalitas Guru. Jakarta: Paramuda, 2006

Wahab Abdul Aziz. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung :Alvabeta, 2010




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics