ETIKA PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PADA PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR MENJELANG UJIAN AKHIR SEKOLAH
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian ini sebagai usaha memperoleh data tentang etika pemanfaatan facebook pada siswa sekolah dasar yang akan melaksanakan ujian akhir sekolah di SD Djama’atul Ikhwan tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan angket. Sampel diambil berdasarkan kriteria prestasi, yaitu tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas 6. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Keabsahan data didapat dari triangulasi data yaitu menggunakan beberapa sumber dan data untuk mengumpulkan informasi, dengan teknik analisis mencakup reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa siswa dengan kategori tinggi ranah kognitif dan afektifnya diatas rata-rata sedangkan ranah psikomotornya kurang, siswa dengan kategori sedang ranah afektifnya lebih menonjol dibandingkan ranah kognitif dan psikomotor yang masih rata-rata, dan siswa dengan kategori rendah ranah kognitif dan afektifnya masih dibawah rata-rata namun, ranah psikomotor siswa ini tinggi. Perlu adanya kontrol dari orangtua dan sekolah untuk menyikapi dampak negatif penggunaan media sosial.
Kata Kunci: Etika, Media Sosial, Prestasi Belajar
Abstract. The purpose of this study is to obtain data about the attitude of using facebook in primary school students who will carry out the final exam in Djama'atul Ikhwan elementary school academic year 2014/2015. This research used qualitative descriptive with collecting data method using interview techniques, documentation and questionnaires. Samples were taken based on criteria, high, medium, and low in grade 6. The sampling technique used purposive sampling. The validity of the data obtained from the data triangulation that is using data and sources to gather information, with analysis techniques including reduction, presentation of data, and conclusion. Result of the research shows that the students with high cognitive and affective are above average, meanwhile their psycomotor are less. However, the students with affective of cognitive are better than their psychomotor that are still average. Students with low cognitive and affective are still below average, however, their psychomotor are high. It needs some controls from parents and schools to behave the negative impact of using social media.
Keywords: Attitude, Social Media, Academic Achievement
Full Text:
PDFReferences
Ebizsoft, 2009. Facebook Business. Jogjakarta: PT. Sakti.
Ellison, et all. 2007. Social capital. Self-esteem, and use of online social network sites: A longitudinal analysis. Journal of Applied Developmental Psychology. Michigan State University, East Lansing
Haryatmoko. 2007. Etika komunikasi:Manipulasi media, kekerasan, dan pornografi.Yoyakarta:Kanisius
Hurlock, Elizabeth. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Koentjoro. 1986.Psikologi Keluarga. Jakarta: Gramedia
Krasnova et all. 2009. Privacy concern and identity in online social network. Identity in the information society, 2(1). Hal. 36-93
Munir. 2009. Etika Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Bandung:UPI.Artikel online didownload pada tanggal 10 Maret 2015.
Nurlaili. 2013. Dampak Sosial Media Terhadap Pelajar di Indonesia Sebagai Implikasi Era Globalisasi. Artikel online pada tanggal 10 Maret 2015.
Nurmihasti. 2012. Dampak Kegiatan Mengakses Facebook terhadap Prestasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Jasa Boga kelas XI di SMK N 3 Wonosari. Yogyakarta: UNY
Tirtonegro,S. 1983. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Pustaka
Winkel. 1996. PsikologiPendidikandanEvaluasiBelajar. Jakarta: PT Gramedia
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA
http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook diakses pada tanggal 19 Maret 2010
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.765
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.