PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING

Abdurrahman Dr., Alit Suarti Ni Ketut

Abstract


Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan instrumen sikap kreatif mahasiswa yang valid dan reliabel. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi bimbingan konseling sebanyak 123 orang. Hasil analisis faktor konfirmatori orde kedua dengan metode estimasi robust maximum likelihood menunjukan instrumen tersebut valid dan reliabel dengan perolehan muatan faktor ≥ 0,30 dan nilai-t ≥ 1,96, demikian juga dengan hasil uji reliabilitas menunjukan nilai gabungan composite reliability (CR) sebesar 0,76 dan nilai variance Extract  (VE) sebesar 0,50 yang  lebih besar dari batas penerimaan CR ≥ 0,70 dan VE ≥ 0,50, kesimpulannya instrumen sikap kreatif mahasiswa program studi bimbingan konseling dengan 3 dimensi, 9 indikator dan 15 butir telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas sebagai hasil sebuah proses pengembangan instrumen.

 Kata Kunci: Pengembangan Instrumen Sikap Kreatif Mahasiswa Program Studi BK, CFA, Reliabilitas Konstruk (CR).

 Abstract: The objective of this research is to develop the valid and reliable assessment instruments of creative  attitudes students of guidance and counseling, as many as 255 people. Results of confirmatory factor analysis (CFA) second-order with robust maximum likelihood method shows the valid and reliable instrument with the acquisition value of loading factor>0,30 and a significance value of t> 1.96, as well as the reliability test results show the value of the combined construct reliability (CR) of 0,76 and a variance value Extract (VE) amounted to 0,50 greater than the limit of acceptance CR ≥ 0,70 and VE ≥ 0,50, the conclusion of the assessment instruments of creative  attitudes students of guidance and counseling with 3 dimensions, 9 indicators and 15 items have met the standards of validity and reliability as a result an instrument development process

 Keywords: Assessment Instrument Development of students creative  attitudes of guidance and counseling, (CFA) Construct Reliability (CR).


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safrudin Abduljabar. Evaluasi Program Pendidikan, PedomanTeoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Azwar, Saefuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Djaali, dan Pudji Muljono. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan.Jakarta: PT. Gramedia Widiasaranan, 2008.

Gable, Robert K., danMarian B. Wolf.Instrument Development in The Affective Domain: Measuring Attitude and Values in Coorporate and School Settings.Boston: Kluwer Academic Publishing, 1993.

Gozali Iman dan Fuad. Struktural Equation Modeling; Teori Konsep dan Aplikasi dengan Program Lisrel 8.80, Edisi II. (Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro) 2008.

Gibson James, L. et. al.,Organization: Behavior, Structure, Processes (New York: The McGraw-Hill Companies Inc., 2012

Latan Hengky, Structural Equation Modeling, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta 2012.

Mardapi, Djemari.Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes YogJakarta: Mitra Cendekia Press, 2008.

Munandar, Utami. Kreativitas dan Keberbakatan, Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 2002.

¬¬Semiawan, Conny R., Made Putrawan, dan Th. I. Setiawan. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.

Sekaran Uma, Research Methods For Business, (Metodologi Penelitian untuk Bisnis). Buku 2, terjemahan Kwon Men Yon. Jakarta: Salemba Empat. 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung; Alfabeta. 2007.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Suryabrata, Sumadi. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogjakarta: Andi Offset, 2005.

Thorndike, Robert L. Applied Psychometrics.Boston:Houghton Miffin Company, 1982.

Wijanto, Setyo Hari. Structural Equation Modeling dengan LISREL 8.8, Konsep dan Tutorial. Jakarta: PT. Graha Ilmu. 2008.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i1.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics