EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK THOUGHT STOPING UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS X SMKN 2 MATARAM

Reza Zulaifi

Abstract


Rendahnya prestasi belajar merupakan salah satu faktor yang menjadi sorotan dunia pendidikan. Salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar adalah kecemasan. Pada umumnya, siswa mengalami kecemasan ketika dihadapkan pada pelajaran yang dianggap sulit, berorientasi untuk mendapatkan nilai yang tinggi, guru tegas dalam mengajar, serta cemas ketika menghadapi ujian, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan konseling kelompok (CBT) menggunakan teknik Thought Stoping untuk mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa. Penelitian ini menjadi sangat penting dilakukan mengingat tingkat kecemasan akademik yang dialami oleh siswa sangat berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan disain non-equivalent group pretes-posttest design.. subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa yang dipilih secara provosive sampling. Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik Thought Stoping efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan akademik siswa (Z = -2,524, p = 0,012<0,05).


Keywords


Teknik Thought Stoping, Kecemasan Akademik

Full Text:

PDF

References


Erford, B.T. (2016). 40 Tekhnik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Firmantyo. T & Alsa. A 2016. Integritas Akademik dan Kecemasan Akademik dalam Menghadapi Ujian Nasional pada Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi. 1 (1), 2502-9363.

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hashempour. S & Mehrad. A 2014. The Effect Of Anxiety And Emotional Intelligence On Students’ Learning Process. Journal Of Education & Social Policy. 1 (2), 2014

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hatzigeorggiadis. A, 2006. Instructional And Motivational Self Talk: An Investigation On Perseived Self Talk Function. Helenic Journal Of Pshycology. vol. 3. 2006.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Luana, N. A., Panggabean, S., Lengkong, J. V. M., & Christine, I. 2012. Kecemasan pada penderita penyakit ginjal kronis yang menjalani hemodialisa di RS Universitas Kristen Indonesia. Jurnal Media Medika Indonesia. 46 (3), 151-155;

Prawitasari, J.E. 2012. Psikologi Terapan Melintas Batas Disiplin Ilmu. Jakarta: Erlangga.

Rehman. Atieq U (2016). Academic Anxiety Among Higher Education Students Of India, Causes and Preventive Measures: An Exploratory Study. International Journal of Modern Social Sciences. 5 (2), 102-116.

Videbeck, S, L,. 2008. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta: EG

Wilding, C & Aileen M. 2013. Cognitive Behavioural Theraphy. Jakarta: Indeks




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics