PARENTING EDUCATION DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DI PAUD AL-AKRAM DESA SEPAPAN KECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Suharyani Suharyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Program Parenting Education dalam membentuk karakter Anak Usia Dini di PAUD Al-Akram”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Sumber data  dalam penelitian ini meliputi orang tua siswa, anak didik, guru dan pengelola. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling. Variabel-variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (variabel independen) adalah parenting education dan variabel terikat (variabel dependen) adalah pembentukan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi sebagai teknik utama dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Sederhana dengan bantuan Program SPSS Versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan nilai signifikansi dari tabel coefficients diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,032 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Parenting Educations (X) berpengaruh terhadap variable Karakter Anak Usia Dini (Y). Berdasarkan nilai t : diketahui nilai t hitung sebesar 2,265  > dari t table sebesar 2,052 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Parenting Educations (X) berpengaruh terhadap variable Karakter Anak Usia Dini (Y).

Keywords


Parenting, Education, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Amin Syukur, 1991 “Pengantar Studi Islam,”Pen. Duta Grafika, Semarang

Ditha Prasanti & Dinda Rakhma Fitriani, 2018, Jurnal Obsesi; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pahlawan, Vol 2 No 1.

Edwards: 2006 “Ketika Anak Sulit Diatur : Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak”. Bandung

Muhammad Taqdir Ali, 2013, “Quantum Parenting; Kiat Sukses Mengasuh Anak Secara Sukses dan Cerdas”Yogyakarta. Pen. Kata Hati.

Megawangi, Ratna. 2007. Pendidikan Yang Patut dan Menyenangkan, (Jakarta : Indonesia Heritage Foundation)

Menurut Megawangi, 2004 “Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk membangun Bangsa

Mulianah Khaerani, 2017´”Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi” Vol. 01 No. 2, Desember 2017, Hal.82-89 E-ISSN : 2549-7367

Slamet Suyanto, 2012, “Jurnal Pendidikan Anak” Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 1, Edisi 1, Juni 2012

Sugiyono, 2009 “Statistika untuk Penelitian”, Pen. Alfabeta, Bandung .

Suharsimi Arikunto, 2002 “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik” PT Rineka Cipta, Jakarta.

Suharsimi Arikunto, 2013 ”Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”, Pen. PT Rineka Cipta, Jakarta.Cet. 15.

Syofian Siregar, 2013 “Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS,”Pen. Kencana, Jakarta.

Sugiyono, 2010 “Statistika Untuk Penelitian”, Pen. Alfabeta, Bandung.

Tasmara T, 1999 “Dimensi Doa dan Dzikir Menyelami Samudra Qolbu Mengisi Makna Hidup” Pen. PT. Dana Bakti Primarsa, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics