PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 17 PALEMBANG

Maryance Maryance

Abstract


ABSTRAK: Guru sebagai pendidik memiliki banyak keterampilan mengajar, maka akan semakin mudah dalam memotivasi belajar siswa dalam mencapai hasil belajar yang optimal. Sehubungan dengan keterampilan mengajar yang harus dimiliki pendidik, Mardia Hayati menyatakan bahwa ada beberapa keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki seorang pendidik, yaitu: 1). Keterampilan membuka pelajaran, 2). Keterampilan bertanya, 3). Keterampilan memberi penguatan, 4). Keterampilan mengadakan variasi, 5). Keterampilan menjelaskan, dan 6). Keterampilan mengelola kelas (Mardia Hayati 2008, hlm. 204). Dari beberapa keterampilan dasar mengajar yang harus dimiliki oleh seorang pendidik diatas, jelaslah bahwa melaksanakan tugas mengajar bagi seorang pendidik bukanlah perkara yang mudah. Mengajar adalah membimbing kegiatan siswa, mengatur dan mengorganisasikan lingkungan yang ada disekitar siswa sehingga dapat mendorong dan menumbuhkan semangat siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Palembang, dan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa dari aspek guru menggunakan keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 17 Palembang. Penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode kualitatif dengan informan penelitian 3 orang guru. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 17 Palembang sudah baik. Hal ini sesuai hasil wawancara dan observasi penulis dari aspek-aspek yang di amati meliputi keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, keterampilan memberi variasi stimulasi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan membuka pelajaran dan keterampilan menutup pelajaran, keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan, dan keterampilan mengelola kelas. Adapun tingkat keberhasilan siswa dari aspek guru menggunakan keterampilan dasar mengajar dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 17 Palembang antara lain di lihat dari efektivitas, daya tarik, minat, dan motivasi belajar.

Kata Kunci : Pelaksanaan, Keterampilan Dasar Mengajar, Pendidikan Agama Islam


Full Text:

PDF

References


Alma Buchori 2008. Guru Profesional (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar), Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Ahsan M 2011. Profesionalitas Guru. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Azka 2008. Keterampilan Dasar Mengajar Guru, Jakarta, Quantum Teaching.

Baharudin 2011. Kompetensi Pedagogik, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Basuni Maftuh 2009, Faktor-faktor Keberhasilan Dalam Belajar, Jakarta, Pustaka Abadi.

Degeng 2009, Keberhailan Siswa Dalam Belajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Dimyati 2011. Pengembangan Kurikulum. Jakarta, Quantum Teaching.

Djamarah 2008. Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Djamarah Syaiful Bahri dan Azwan zain 2006. Strategi Belajar Mengajar, Cet ke III, Jakarta, Rineka Cipta.

-------- 2009. Pendidikan Agama Islam, Jakarta, Bumi Aksara.

Eva R 2010. Hubungan Guru dan Murid. Jakarta, Quantum Teaching.

Firman Harry 2007. Kompetensi Guru, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Freemont Hatta 2008. Teknologi Pendidikan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Hambali 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta, Rineka Cipta.

Hayati Mardiah 2008. Keterampilan Dasar Mengajar, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Hayati 2011, Kompetensi Guru, Jakarta, PT Raja Grafindo Persada.

Hartono Dimyati 2009. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics