IMPLEMENTASI ADMINISTRASI TATA USAHA DALAM BIDANG KEUANGAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SMAN 1 BAYAN

Menik Aryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi administrasi tata usaha dalam bidang keuangan pembiayaan pendidikan di SMAN 1 Bayan tahun ajaran 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian adalah Kepala Sekolah, Bendahara BOS, BPP, dan KASUBAG TU. Metode pengumpulan data penelitian  ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Data analisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi administrasi tata usaha Pendidikan di SMAN 1 Bayan melipiti: (a) Perencanaan untuk peningkatan administrasi tata usaha di SMAN 1 Bayan dengan menyusun program kerja yaitu Administrasi kesiswaan, Kepegawaian, Keuangan, Inventaris, dan Surat - menyurat. (b) Pelaksanaan dan Pengorganisasian di SMAN 1 Bayan: pembagian tugas tenaga tata usaha sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh tenaga tata usaha tersebut, sesuai dengan program yang direncanakan. (c) Pengawasan di SMAN 1 Bayan pengawasan melekat, dimana pengawasan dilakukan setiap waktu dan setiap hari. (2) Implementasi keuangan pembiayaan pendidikan di SMAN 1 bayan meliputi: (a) perencanaan pembiayaan pendidikan yaitu dengan menyusun RKAS, (b) Pengawasan anggaran dana pendidikan di SMAN 1 Bayan melibatkan pihak internal dan eksternal. (c) Hambatan yang kerap terjadi: pembiayaan pendidikan: sering mengalami keterlambatan pencairan dana BOS dan pada dana BPP sering mengalami hambatan pada penerimaan anggaran BPP. (3) Implementasi administrasi tata usaha dalam bidang keuangan pembiayaan pendidikan di SMAN 1 Bayan meliputi: Pelaksanaan dana mengacu pada kegiatan yang tertera dalam Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS), baik itu RKAS BOS maupun RKAS BPP.


Keywords


Administrasi Tata Usaha Dalam Bidang Keuangan Pembiayaan Pendidikan, BOS, BPP

Full Text:

PDF

References


Aprilianti,windi.(2007).”Pengaruh Manajemen Pembiayaan Pendidikan Terhadap Peningkatan Mutu Lulusan Kelas XII Di SMP Islam Raudlatul Hikmah Pamulang”. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36129/1/Windi%20Aprilianti-FITK Diakses tanggal 22 Februari 2022, Pukul 19:17 Wita

Arsanti,milen.2021.“Meski 20 Persen APBN, Belum Cukup Biayai Pendidikan Di Indonesia”https://siedoo.com/berita-35277-meski-20-persen-apbn-belum-cukup-biayai-pendidikan- di-indonesia/. Diakses tanggal 08 Maret 2022,Pukul 19:14 Wita

Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dan Madrasah. Batusangkar: STAIN Batusangkar.

Burhanuddin, Y. (2005). Administrasi Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fattah, Nanang. (2004). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Imam Machali& Ara Hidayat.(2016).The Handbook Of Education Management Teori Dan Praktik Pengelolaan Sekolah / Madrasah di Indonesia. Jakarta:Prenadamedia Group

Inseight Talenta. Pengertian dan fungsi manajemen. https://www.talenta.co/blog/insight- talenta/pengertian-manajemen/.Diakses tanggal 25 Februari 2022, pukul 16:42 Wita

J.Moleong, Lexy.2014. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Karno,E. 2016. Pemerintah Responsif Pendidikan. Shautut Trabiyah. Vol.18-38

Matin. (2014). Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Minarti, Sri, 2011. Manajemen Sekolah:Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruza Media

Mustfah, jejen.(2015). Manajemen Pendidikan Teori, Kebijakan, dan Praktik. Jakarta: Prenamedia Group

Putera, nusa.(2012). Penelitian Kualitatif & Aplikasinya. Jakarta: PT Indeks.

Saifudin, ahmad. (2017). “Analisis Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Menurut Perspektif Islam (Studi Pada Sekolah Menengah Pertama Global Madani Bnadar Lampung)”. Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

http://repository.radenintan.ac.id/1869/1/SKRIPSI_MUHAMMAD.pdf. Diakses tanggal 22 Februari 2022, Pukul 18:24 Wita

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta.

Suhardan,Dadang, dkk.(2014). Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Suparlan.2013. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS): Dari Teori Sampai Praktik. Jakarta: Bumi Askara.

Tinggogoy, Deiby Cristiana. 2019. AnanlisIS Dampak Implementasi Kebijakan Penyaluran Dana Bos. Jurnal Sosial dan Humanaira. Vol.68-67

Usman,husaini.(2006). Manajemen Teori,Praktik, dan Riset. Jakarta:PT Bumi Askara

W. Gulo. 2003. Metodelogi Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

Yuliani, hanifah.(2016).Pembiayaan Pendidikan Di Sekolah Dasar Negeri NgrojoNanggulan Kulon Progo. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta http://eprints.uny.ac.id/40579/1/Hanifah%20Yuliani_11101241020.pdf. Diakses tanggal 22 Februari 2022, Pukul 18:05 Wit




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics