UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN SELAPARANG KOTA MATARAM

Anam M Chairul, Sarlita Baiq Kartiani

Abstract


Abstrak: Studi ini mengkaji tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru SD Negeri di Kecamatan Selaparang Kota Mataram, difokuskan pada tugas kepala sekolah sebagai leader, inovator, dan motivator. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil penelitian menemukan: (1) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai leader, studi ini menemukan bahwa upaya kepala sekolah meliputi: pemberdayaan dan pembinaan melalui kegiatan diskusi, workshop, KKG, supervisi, dan Evaluasi Diri Guru (EDG), dengan menunjukkan sikap keteladanan, keterbukaan, kedisiplinan, dan komunikatif di antara kepala sekolah dengan semua warga sekolah. (2) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai inovator, studi ini menemukan bahwa upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah melakukan perumusan program-program yang sesuai dengan situasi dan tuntutan sekolah, seperti mengembangkan program sekolah sehat, bersih, indah, dan menyenangkan, serta menyusun program pembinaan melalui kegiatan pertemuan antar guru mata pelajaran pada setiap gugus. (3) Dilihat dari tugas kepala sekolah sebagai motivator, studi ini menemukan: upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah memelihara semangat kerja guru dengan mendorong untuk melakukan studi lanjut, memberikan reward dan punishment. Reward diberikan kepada guru yang dianggap memiliki prestasi dalam bentuk hadiah dan pujian. Sementara punishment diberikan kepada guru yang dianggap melanggar aturan dan tata tertib di sekolah serta tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Kata-kata Kunci: Upaya Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru.

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2011. “Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Pendidikan Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru”. Tesis tidak dipublikasikan. Perpustakaan Universitas Mataram.

Andang. 2014. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah: Konsep, Strategi, dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Daryanto. 2006. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadis, Abdul dan Nurhayati, B. 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1990 tentang Sekolah Dasar,

Ibtidaiyah. 2011. “Profesionalisme Guru dan Aplikasinya dalam Pengajaran PAI di SMPN 2 Mataram”. Tesis tidak dipublikasikan. Perpustakaan Universitas Mataram.

Milles, M.B. & Hubberman A.M. 2009. Analisis Data Kualitatif (penerjemah: TjetjepRohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muliati. 2013. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Yang Efektif”. Dalam www. Lpmpsulsel.net.v2/attachments/201. diakses pada tanggal 20 Desember 2015.

Mulyasa, E. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Jakarta: Rosda.

Mursyan dan Burhanudin. 2012. Analisis Administrasi Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Kasara.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Dikans.

Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. 2006. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Usman, Husaini. 2008. Manajemen: Teori Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

-----------. 2010. Manajemen: Teori Praktek dan Riset Pendidikan. (edisi revisi) Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Zakiyah. 2010. “Usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru PAI di MAN Mataram” Tesis tidak dipublikasikan. Perupustakaan Universitas Mataram.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics