HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DI MEDIA SOSIAL DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMKN 4 MATARAM

Rayani Dewi, Jien Tirta Raharja

Abstract


Abstrak: Perilaku Bullying pada media sosial merupakan tindakan penghinaan, kekerasan fisik atau intimidasi yang dilakukan seseorang dalam kelompok atau institusi melalui perangkat teknologi dan informasi di media sosial terhadap orang lain atau kelompok lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara perilaku Bullying di media sosial dengan arasa percaya diri siswa di SMKN 4 Mataram/ adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode angkat sebagai metode pokok, wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai pelengkap. Subjek dalam penelotian ini berjumlah 27 orang siswa yang aktif dalam media sosial dan analisa data menggunakan koefisien korelasi product moment. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan anatar perilaku Bullying di media sosial dengan rasa percaya diri siswa hal ini ditunjukkan dengan nila pada analisa data dengan perhitungan nilai rxy sebesar 0,53. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara Perilaku Bullying di media sosial dengan Sikap Percaya Diri Siswa karena berada pada rentang 0,40 – 0,599 dan t hitung sebesar 3,12. 

Kata Kunci: Perilaku Bullying, Media Sosial, Percaya Diri


Full Text:

PDF

References


Olweus, Dan. 1993. Bullying at School : What We Know and What We Can do. Carnwall: Blackwell Publishing

Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying. Jakarta : Serambi Ilmu Pustaka

Wiyani, Ardy. 2012. Save our children from school Bullying. Jogjakarta : ar – ruzz media

Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan kuantitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta : Puspaswara

Aditya, Firmansyah. 2010. Situs jejaring sosial menggunakan Elgg. http: //www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding 3/situs – jejaring – sosial – menggunakan- elgg. Pdf

Akdon dan Riduwan. 2010. Rumus dan data dalam statistika. Cet 2, Alfabeta

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Margono, S. 2005. Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Lauster, Peter. 2002. Tes kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan ketiga belas. Jakarta : Bumi Aksara

Beane, A. L. 2008. Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey – Bass

Thantaway. 2005. Kamus istilah bimbingan dan konseling. http://ilmu-psikologi-word-press.com(pengertian kepercayaan diri)

Coombs, P.H. dan Ahmed Manzoor. 1974. Memerangi kemiskinan di pedesaan melalui pendidikan Nonformal. (terjemahan). Jakarta : Rajawali

Depdiknas. 2008. Kurikulum satuan pendidikan. Jakarta : Dikmenum Depdiknas




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics