HUBUNGAN PERILAKU BULLYING DI MEDIA SOSIAL DENGAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS X DI SMKN 4 MATARAM
Abstract
Abstrak: Perilaku Bullying pada media sosial merupakan tindakan penghinaan, kekerasan fisik atau intimidasi yang dilakukan seseorang dalam kelompok atau institusi melalui perangkat teknologi dan informasi di media sosial terhadap orang lain atau kelompok lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara perilaku Bullying di media sosial dengan arasa percaya diri siswa di SMKN 4 Mataram/ adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode angkat sebagai metode pokok, wawancara, observasi serta dokumentasi sebagai pelengkap. Subjek dalam penelotian ini berjumlah 27 orang siswa yang aktif dalam media sosial dan analisa data menggunakan koefisien korelasi product moment. Adapun hasil dari penelitian ini adalah adanya hubungan yang signifikan anatar perilaku Bullying di media sosial dengan rasa percaya diri siswa hal ini ditunjukkan dengan nila pada analisa data dengan perhitungan nilai rxy sebesar 0,53. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sedang antara Perilaku Bullying di media sosial dengan Sikap Percaya Diri Siswa karena berada pada rentang 0,40 – 0,599 dan t hitung sebesar 3,12.
Kata Kunci: Perilaku Bullying, Media Sosial, Percaya Diri
Full Text:
PDFReferences
Olweus, Dan. 1993. Bullying at School : What We Know and What We Can do. Carnwall: Blackwell Publishing
Coloroso, Barbara. 2007. Stop Bullying. Jakarta : Serambi Ilmu Pustaka
Wiyani, Ardy. 2012. Save our children from school Bullying. Jogjakarta : ar – ruzz media
Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan kuantitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta
Hakim, Thursan. 2002. Mengatasi rasa tidak percaya diri. Jakarta : Puspaswara
Aditya, Firmansyah. 2010. Situs jejaring sosial menggunakan Elgg. http: //www.pustaka.ut.ac.id/dev25/pdfprosiding 3/situs – jejaring – sosial – menggunakan- elgg. Pdf
Akdon dan Riduwan. 2010. Rumus dan data dalam statistika. Cet 2, Alfabeta
Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Margono, S. 2005. Metodelogi penelitian pendidikan. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Lauster, Peter. 2002. Tes kepribadian (alih bahasa: D.H. Gulo). Edisi Bahasa Indonesia. Cetakan ketiga belas. Jakarta : Bumi Aksara
Beane, A. L. 2008. Protect Your Child From Bullying. San Fransisco: Jossey – Bass
Thantaway. 2005. Kamus istilah bimbingan dan konseling. http://ilmu-psikologi-word-press.com(pengertian kepercayaan diri)
Coombs, P.H. dan Ahmed Manzoor. 1974. Memerangi kemiskinan di pedesaan melalui pendidikan Nonformal. (terjemahan). Jakarta : Rajawali
Depdiknas. 2008. Kurikulum satuan pendidikan. Jakarta : Dikmenum Depdiknas
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.757
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.