PENGGUNAAN MODEL RESIPROKAL DALAM KELOMPOK BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES SEMESTER I SISWA KELAS V SD NEGERI 40 AMPENAN

Supriadi Supriadi

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 40 Ampenan pada kelas V Semester I yang kemampuan siswa untuk mata pelajaran Penjasorkes rendah. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah pnerapan Penggunaan Model Pembelajaran Resiprokal dapat meningkatkan Pelajaran Penjasorkes Dalam Kelompok Belajar. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran Resiprokal dalam kelompok belajar dapat meningkatkan prestasi belajar. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada Siklus I 61 dan di Siklus II naik menjadi 74. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran Resiprokal dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023


Keywords


Model Resiplokal, Belajar Kelompok, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arief Furchan. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 1995. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arnyana, Ida Bagus Putu. 2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategi Kooperatif serta Pengaruh Implementasinya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Basil Belajar Siswa Sekolak Menengah Atas pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi.UNM.

Azwar, Saifuddin. 2001. Tes Prestasi. Y ogyakarta: Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, R. W. 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Daryanto. 1999. Evaluasi Pendidikan. Rineka Cipta:Jakarta.

Depdiknas,2002a.Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas,2002b. Pedoman Khusus Sistem Pengujian Hasil KBM Berbasis Kemampuan Dasar. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas,2002c. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Puskur Balitbang.

Depdiknas, 2003a.Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika. Jakarta.

Depdiknas, 2003b.Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Dirjen Dikdasmen.

Depdiknas, 2003c.Sistem Penilaian Kelas SD, SMP, SD/SMP/SMA/SMK dan SMK. Dirjen Dikdasmen Tendik.

Depdiknas. 2009. Kompetensi Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen PMPTK.

Dimyati dan Mudjiono. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Herrhyanto, Nar dan Hamid, Akib. 2006. Statistika Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hudoyo, Herman. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: P2L PTK Depdikbud.

Ibrahim, M. dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. PusatSains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA: University Press.

Idrus, Ali. 2009. Manajemen Pendidikan Global. Visi, Misi, dan Adaptasi. Katalog Dalam Terbitan. Penerbit Gaung Persada Press. Jakarta.

Irianto, Agus. 1989. Bahan Ajaran Statistika Pendidikan (Buku Kedua). Jakarta: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Kardi, Soeparman dan Mohamad Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Program Pascasarjana UNESA: University Press.

Nasution, S. 1972. Didaktik Sekolah Pendidikan Guru: Asas-Asas Didaktik Metodologi Pengajaran dan Evaluasi. Depdikbud: Jakarta.

Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.

Nurman, Muhammad, 2006. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dan Expositori terhadap SIkap Politik Berdemokrasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di SD/SMP/SMA/SMK (Tesis). Singaraja. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan .......................... Singaraja, Program Pascasarjana.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Putrayasa, Ida Bagus. 2005. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan AktiVtas, KreatiVtas, dan Logikalitas. (Tesis). Singaraja. Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Singaraja.

Romiszowski, A. J. 1990. Designing Instructional System. (London: Kogan Page, Ltd P. 296).

Sadia. 1998. Model KonstruktiVs dalam Pembelajaran Sains (Suatu Alternatif Pembelajaran Sains Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme). Orasi Ilmiah. Pada Dies Natalis V dan Wisuda IX STKIP Singaraja. Disampaikan tanggal 24 Maret 1998.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru.Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedomo, M. 2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.

Soemanto, Wasty. 2001. Pengantar Psikologi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. 2003.Dasar-dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Common Textbook. Edisi ReVsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbti: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Tim Redaksi Focus Media. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional. Bandung: Focus Media.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media: Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics