PENGGUNAAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I B SDN 33 MATARAM

Siswati Siswati

Abstract


Pencapaian hasil belajar siswa kelas I.B di SDN 33 Mataram, pada mata pelajaran Matematika masi berada dibawah KKM hal ini di karenakan metode yang digunakan belum tepat sehingga siswa hanya pasif dalam pembelajaran. Kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran kurang karena dalam penyampaian guru bersifat monoton dan tanpa arah. Dari latar belakang diatas maka rumusan masalahnya “apakah metode Demonstrasi dalam pembelajaran Matematika tentang satuan waktu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I.B SDN 33 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, peaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi dengan melibatkan siswa kelas I.B sebagai subyek dan seorang guru sebagai teman sejawat/observer dan penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengn menggunakan metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa untuk memecahkan masalah’ Terbukti dari peningkatan yang terjadi pada tiap siklus rata-rata prosentase pada pra siklus hasil tes 57% meningkat pada siklus I. 75% dan porsentasi pada siklus II meningakat jadi 90% dengan keaktifan siswa 100%. Metode demonstrasi dapat meningkatkan kompetensi siswa kelas I.B SDN 33 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Demonstrasi, Prestasi Matematika

Full Text:

PDF

References


Surya, H.M. (2008). Kapita Selekta Kependidikan SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Taufiq, Agus., Miharsa, Hera L., Prianto, Puji L., (2008). Pendidikan Anak Di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Anitah, Sri., (2008). Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Wahyudin, Dinn., (2009). Pengantar Pendidikan, Jakarta: Universitas Terbuka.

Sumantri, Mulyani., Syaodih, Nana., (2009). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Universitas Terbuka.

Karso., dkk. (2008). Pendidikan Matematika, Jakarta: Universitas Terbuka.

Muhsetyo, Gatot., (2009). Pembelajaran Matematika SD, Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I.G.A.K., (2009). Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Universitas Terbuka.

Tim Bina Karya Guru., (2005). Terampil Berhitung Matematika, Jakarta: Erlangga.

Khafid, M., Suyati., (2004). Pelajaran Matematika Untuk SD, Jakarta: Erlangga




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics