PENGARUH MEDIA DESAIN GRAFIS BERBASIS ADOBE PHOTOSHOP TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS

Sakti GUNAWAN Hadi

Abstract


Rumusan Masalah Penelitian ini adalah Apakah Ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Penelitian ini mengambil sampel siswa kelas X jurusan Multimedia di SMK NW Kembang kerang Kabupaten Lombok Timur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis data statistic uji perbedaan rata-rata hitung dengan rumus t- test. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitin ini adalah t-hitung 4,434 dan t-tabel 2,103 dengan demikian t-hitung lebih besar dari t-tabel (4,434> 2,103) dengan taraf signifikansi 5%, ini berarti Hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Sehingga penelitian ini dapat dikatakan ada Pengaruh Media Desain Grafis Berbasis Adobe Photoshop Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Di SMK NW Kembang Kerang Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.

 Kata kunci: Media pembelajaran, Kreativitas Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatandan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2013.Media Pembelajaran.Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.

Fathoni, A. 2011.Metodologi Penelitian & Tehnik Penulisan Karya Skripsi. Jakarta: RinekaCipta.

Haka MJ, 2006.TeknologiInformasi, dankomunikasi. Solo : CV. Haka MJ.

Januszewski, A Molenda, M. 2008. Education Technology. Newyork: Taylor dan Prancis Group.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatifdan R&D) Bandung: CV.ALFABETA.

. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Kualitatif dan Kuantitatif R&D) Bandung: Alfabeta.

Soeharto. Karti. Dkk. 2003 TEKNOLOGI PENDIDIKAN, Pendekatan System Konsepsi dan Model, SAP, Evaluasi, Sumber Belajar dan Media Surabaya: Intellectual Club.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics