PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KETERBUKAAN DIRI SISWA

SONNY I MADE GUNAWAN, Dedeng Lalu Kalbuadi

Abstract


Abstrak: tanpa self disclosure atau keterbukaan diri, individu cenderung mendapat penerimaan sosial kurang baik sehingga berpengaruh pada perkembangan kepribadiannya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperiment dengan rancangan one group pretest posttest design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X di MAN 2 Praya sebanyak 35 orang yang terindikasi memiliki keterbukaan diri rendah. Lebih lanjut instrumen yang digunakan adalah kuesionerketerbukaan diri. Sedangkan analisis data menggunakan rumus t-tes. Hasil dari penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan terhadap keterbukaan diri siswa dengan rata-rata peningkatan 28,457. Hasil uji dua sampel berhubungan (Paired sample t-test) didapat nilai t = 18,271 dengan  p = 0,000 < 0,05  berarti  signifikan sehingga kesimpulannya ada pengaruh positif dari bimbingan kelompok terhadap keterbukaan diri siswa.

Keyword: Bimbingan Kelompok, Keterbukaan Diri


References


ABKIN. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Depdiknas.

Buhrmester, D., & Carbey, J. 1998. Friendship and Need Fulfillment During Three Phases of Young Adulthood. Journal of Social and Personal Relationships. 15 (3) 393-409.

Calhoun, J.F., & Acocella, J.R. 1995 (Satmoko, R.S). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Monterey, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Gunawan, I.M.S. 2017. Panduan Keterampilan Mengelola Emosi Model Experiential Learning. Yogjakarta: Ladang Kata.

Hartinah, S.D.S. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Reflika Aditama.

Hikmawati, F. 2010. Bimbingan Konseling. Jakarta: Karisma Putra Utama Offset.

Lumsden, A., & Robb, K. 1996. Patterning the Vertebrate Neuraxis. Journal Science. 274 (5290) 1109-1115.

Matsumoto, D. 2000. Culture and Psychology. USA: Wadsworth.

Prayitno., Wibowo, M E., Marjohan., Mugiarso, H., dan Ifdii. 2013. Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.

Shetzer, B., & Stone, S.C. 1981. Fundamental of Guidance. USA: Bruce Shetzer and Shelley C. Stone.

Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi: Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.

Sobur, A. 2011. Pikologi Umum. Bandung: CV. Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i2.755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics