PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COPERATIVE LEARNING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 18 MATARAM

Mustamiin M. Zainal, Elias Sumirna

Abstract


ABSTRAK Pembelajaran cooperative learning merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang berpusat pada siswa. Tanggung jawab merupakan memberikan intensitif kepada siswa untuk saling membantu satu sama lain dan untuk saling mendorong melakukan usaha yang maksimal. Tanggung jawab rendah akan membawa dampak kurangnya bekerja sama antara teman dalam satu kelompok. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini  apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning  Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Sedangkan tujuan dari penelitian ini  adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebagai metode pokok sedangkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai pelengkap. Populasi pada penelitian ini ini adalah 64 orang siswa dan sanpelnya 7 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 9, 142 dan setelah dikonsultasikan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan d.b 6 diperoleh 2,447 ini berarti bahwa t-hitung > t-tabel (9,142 > 2,447), maka diambil kesimpulan ada Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Terhadap Sikap Tanggung jawab Pada Siswa Kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Artinya hasil penelitian ini signifikan.

Kata Kunci: Cooperative Learning dan Sikap Tanggung Jawab


Full Text:

PDF

References


Achmadi dkk. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul, 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, 2016. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

IKIP Mataram. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.

Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia Pustaka Pelajar.

Salvin. Robert, 2015. Cooperative Learning. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono 2014. Model Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Tatang S. 2012. Ilmu Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Ulfa, Dania. 2014. Tanggung Jawab Belajar Dengan Layanan Konseling

Individu Berbasis Self-Management. Jurnal kependidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Uneversitsa Negeri Semarang.

Widagdho. Djoko, 2008. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics