Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair dalam Memberikan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Huda Khairul, Iman Nurul

Abstract


Abstract: Penelitian ini bertujuan bukan sekedar mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana  pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana di Kota Mataram. Sehingga mampu membuat pemikir/pendidik pendidikan anak usia dini bersikap aktif untuk mengarahkan agar peserta didik mampu mengaktualisasikan pemnbelajaran yang berpusat pada anak dengan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkatkan potensi pada diri anak. Model penelitian dilakukan berdasarkan penyusunan data menurut Miles dan Huberman, tahapan yang dilalui yaitu reduksi data, display data dan kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif yang digunakan untuk menjelaskan hasil penelitian. Penelitianini bukan sekedar bertujuan mengesahkan asumsi peneliti, namun, lebih pada tujuan dari penelitian, yaitu: Mengetahui Bagaimana  pelakasanaan Pendidikan Inklusif di lembaga Paud Al-Khair Udayana Mataram? Tahapan yang sudah dilaksanakan selama penelitian berlangsung, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga Paud Al-Khairiyah belum maksimal dalam penerapan pembelajaran pendidikan inklusif bagi anak ABK dikarenakan masih kurannya tenaga profesional, masih harus menggali konpetensi keperibadian, konpetensi sosial dan konpetensi pedagogik serta melakukan sosialisasi atau pelatihan tentang pentingnya pendidikan inklusif untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus.

Kata Kunci : Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.


Full Text:

PDF

References


Achmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pealajar.

Adi, Rianto. 2010. Metodelogi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

Asef, U. F. 2010. Sukses Menjadi Guru Tk-PAUD, Tips, Strategi, dan Panduan-Panduan Pengembangan Praktisnya. Bening: Jogjakarta.

Adnan dkk, Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD NIDirektorat Jenderal PAUD NIKementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Mei 2012

Amin, Moh.(1995).Ortopedagogik tunagrahita.Jakarta: Direktorat PendidikanTinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Boyapali. Ed. 2000. Learning: Student Centred vs Teacher Centred. Korean J. Chem. Eng.Vol. 17, No. 3.

Buchori, M. 2001. Pendidikkan Antisipatoris. Yogyakarta: Kanisius.

Brian, M. 2006. International Journal of Early Childhood. Vol.38,No.1.National University of Ireland Cork City: Ireland.

Bredekamp, S. (2000). Developmentally Approriate Practice in Early Childhood Program. Washington D.C.: NAEYC.

Chi Kim. 2009. Media Education In Asia. Springer Dordrecht Heidelberg:London New York.

Coughlin, P. (2000). Menciptakan Kelas yang Berpusat Pada Anak. CRI.

Creswell, John W. 2012. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Depdiknas. Dirjen Dikti. Bagian Proyek Peningkatan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Djamarah, S. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Eileen,W,et.al.2010.Literature Review of the Principles and Practices relating to Inclusive Education for Children with Special Educational Needs. National Council For Special Education.

Fisher, B. (1998). Joyful Learning in Kindergarten. Portsmouth: Heinemann.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Horton, R. et. al. 2006. Wanita-wanita yang Mengubah Dunia. PT. Gelora Aksara Pratama.

Helen Keller. 2000. The Story of My Life. Diane Bean and David Widger.

HewardW. et. al.1992. ExceptionalChildren(4thed).NewYork: Macmillan.

J. Moleong, Lexy. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bnadung: PT Remaja Rosdakarya

Jalongo,MaryRenck.2007.EarlyChildhoodLanguageArts.USA:PearsonEducation,Inc.

Koesoma, D. 2010. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grafindo.

Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jkarta: Kemdiknas.

Masitoh. dkk. (2003) Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak.

Mel Ainscow, et.al. 2008. Making Education For All Inclusive: WhereNext: Unesco

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. PT. Rosdakarya: Bandung.

Miles, B.B., dan A.M. Huberman, 1992. Analisa Data Kuantitatif. Jakarta: UI.

Muslich, M. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Nucci,LarryP.&Navaez,Darcia.2008.HandbookofMoralandCharacterEducation.NewYork:Routledge.

Ramirez, L.M. 2004. Menagsuh Anak Dengan Vis. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Samani, M. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Rosda.

Solehuddin, M. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah.Bandung: FIP UPI.

Stolberg, Judith R. (2000). Menciptakan Bahan Ajar yang Berpusat pada Anak.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta

Salls,HollyShepard.2007.Charactereducation:AnIntroduction.University PressofAmerica.

Schaeffer,E.F..1999.It'sTimeforSchoolsToImplementCharacterEducation.NASSPBulletin199983:1.

Terjemahan: Kenny Dewi Juwita. Washington D.C.: Children’s Resources International.

Undang-undangNo.20Tahun 2003tentangSistemPendidikanNasional.

Takdir Ilahi, M. 2013. Pendidikan Inklusif Konsep dan Aplikasi. Ar-Ruz Media: Jogjakarta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics