PENGARUH METODE FISH BOWL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI MTs AL-AKHYAR BAGIK POLAK KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Maria Yunita, Mujiburrahman Mujiburrahman

Abstract


Melihat penomena saat ini adalah guru masih cenderung menggunakan metode ceramah atau konvensional dalam proses belajar mengajar dikelas. Proses pembelajaran yang seperti itu kurang efektif karena siswa hanya diberi kesempatan sebagai pendengar setia penjelasan dari guru sehingga terjadi one way instruction dan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  VIII di SMP di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat yang jumlah sampelnya 24 orang. Metode untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi populasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode tes sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar  7,432 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=24  lebih besar dari pada nilai t pada tabel (7,432 > 2,069), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kata kunci: Metode Fish Bowl, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.

Depdikbud. 2010. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PGSM.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Erma. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Pustaka setia.

IKIP Matarm. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Mataram

Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: UNM

Moedjiono, Damayanti. 2006. Belajarn dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Margono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Narbuko, dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara

Newman, Ernest. 2007. A Study Of Wagner. USA: Harvard University

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Surakarta: Pustaka Pelajar

Ridwan. 2014. Belajar Muda Penelitian.Bandung: Alfabeta

Roestiyah. 2008. Strtegi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudarmi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Surjadi. 2012. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Refika




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics