PENGARUH METODE FISH BOWL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI MTs AL-AKHYAR BAGIK POLAK KABUPATEN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Melihat penomena saat ini adalah guru masih cenderung menggunakan metode ceramah atau konvensional dalam proses belajar mengajar dikelas. Proses pembelajaran yang seperti itu kurang efektif karena siswa hanya diberi kesempatan sebagai pendengar setia penjelasan dari guru sehingga terjadi one way instruction dan kurang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah One group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa VIII di SMP di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat yang jumlah sampelnya 24 orang. Metode untuk pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan studi populasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan metode tes sebagai metode utama dan metode dokumentasi merupakan metode pendukung. Untuk menganalisis data menggunakan rumus t test. Hasil analisis diperoleh nilai thitung sebesar 7,432 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=24 lebih besar dari pada nilai t pada tabel (7,432 > 2,069), berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi ada Pengaruh Metode Pembelajaran Fish Bowl terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTs Al-Akhyar Bagik Polak Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Metode Fish Bowl, Hasil Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta.
Depdikbud. 2010. Model-Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: PGSM.
Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Erma. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta: Pustaka setia.
IKIP Matarm. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah, Mataram
Kamdi, W dkk. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Malang: UNM
Moedjiono, Damayanti. 2006. Belajarn dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Margono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Narbuko, dkk. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Newman, Ernest. 2007. A Study Of Wagner. USA: Harvard University
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar.Surakarta: Pustaka Pelajar
Ridwan. 2014. Belajar Muda Penelitian.Bandung: Alfabeta
Roestiyah. 2008. Strtegi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sudarmi. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Surjadi. 2012. Membuat Siswa Aktif Belajar. Bandung: Refika
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.