Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMA N 16 Padang
Abstract
Perilaku agresif ada dalam setiap diri manusia, yang membedakan adalah bentuk, jenis, dan kuantitasnya. Agresif merujuk pada perilaku yang membuat objeknya mengalami bahaya atau kesakitan. Agresif mewujudkan setiap bentuk keinginan (drive motivation) yang mengarah untuk menyakiti dan melukai seseorang. Banyak faktor-faktor yang dapat mempengaruhi agresif, baik itu faktor internal maupun faktor eksternal. Salah satu nya yang mempengaruhi yaitu faktor genetis atau jenis kelamin. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena perilaku agresif tidak hanya dilakukan oleh laki-laki saja, bahkan perempuan pun juga dapat melakukan perilaku agresif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan perilaku agresif siswa laki-laki dan perempuan di SMA N 16 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif komparatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 1042 orang siswa kelas X, XI dan XII SMA N 16 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian sebanyak 200 orang siswa dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket perilaku agresif siswa dengan model skala likert. Teknik pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan teknik uji Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai perilaku agresif siswa laki-laki dan perempuan di SMA N 16 Padang dengan hasil Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0.003<0,05) diartikan bahwa hipotesis diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, I., Syahniar, & Karneli, Y. 2019. Relationship of Emotional Maturity with Student Aggressive Behavior. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–6.
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ashidiq, K. 2019. Perilaku Agresif Siswa SMP: Studi Kasus Pada 2 Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pengadegan Purbalingga. Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 14(1), 135–153.
Aulya, A., Ilyas, A., & Ifdil. 2016. Perbedaan Perilaku Agresif Siswa Laki-Laki dan Siswa Perempuan. Jurnal Educatio, 2(1), 92–97.
Bambang, S, A. 2015. Psikologi Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Baron, R. A., & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial 10th ed. Jakarta: Erlangga.
Buss, A. H., & Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3), 452–459.
Eka, M. P., Nirwana, H., & Sukmawati, I. 2020. Hubungan Kemampuan Mengelola Emosi dengan Kecenderungan Berperilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(1), 14–20.
Eko, M., & Sarwono, S. 2018. Psikologi Sosial 2nd ed. Jakarta: Salemba Humanika.
Feldman R, S. 2012. Pengantar Psikologi 10th ed. Jakarta: Salemba Humanika.
Ferdiansa, G., & Neviyarni, S. 2020. Analisis Perilaku Agresif Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 5(2), 8–12.
Herawati, A. A., Nirwana, H., & Syahniar. 2018. The Students Aggressiveness in Senior High School Based on Gender. 346–352.
Hidayat, H., Yusri, & Ilyas, A. 2013. Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(2), 7–10.
Ikhwani, F. R., & Syukur, Y. 2022. Analisis Proses Pelaksanakan Layanan Konseling Individual pada Perilaku Agresif di MTsN 6 Kota Padang. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 1–9.
Illahi, U., Neviyarni, S., Said, A., & Ardi, Z. 2018. Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Perilaku Agresif Remaja dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68–74.
Karneli, Y., Firman, & Netrawati. 2018. Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 113–119.
Karneli, Y., Neviyarni, S., Firman, & Yulidar. 2020. Pengembangan Modul Konseling Kreatif Dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku Untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 43–49.
Myers, G. D. 2012. Psikologi Sosial Edisi 10th ed. Jakarta: Salemba Humanika.
Rizeki, Z. P. (2012). Hubungan Antara Keterampilan Sosial Dengan Perilaku Agresif Remaja Siswa Kelas XI SMK Bunda Kandung Jakarta Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 1(1), 177–182.
Sriwahyuningsih, V., Yusuf, A. M., & Daharnis. 2016. Hubungan Prasangka dan Frustrasi dengan Perilaku Agresif Remaja. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2(2), 38–51.
Yusuf, A. M. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif &Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7452
Refbacks
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.