PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn

HADI M. SAMSUL, Maskun Maskun

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran aptitude treatment interaction dapat meningkatkan hasil belajar siswa pkn kelas VII MTs Nurul Wahyi Mujur Lombok TengahTahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, dengan pendekatan desain pre eksperimen dalam bentuk one grup desain pree-tes dan post-tes desain. penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah subyek atau respondennya sebanyak 30 orang siswa, pengumpulan data yang digunakan adalah jenis tes pilihan ganda. jenis data yang digunakan adalah data kuantitatip dan sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer. Hasil analisis yang dapat diambil bahwa taraf signifikan 5%nilai t-tertera bilangan 2,046 oleh bilangan yang diperoleh 12,23  lebih besar dari bilangan yang ada dalam tabel maka, hepotesis yang diajukan dalam penelitian ini berbunyi “Ada pengaruh pembelajaran Aptitude Treatment Interaction untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VII MTs Nurul Wahyi Mujur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017.”diterima. penggunaan model pembelajaran Apritude Treatment Interaction merupakan salah satu cara yang dapat diterapkan untuk meningkatkan ranah kognitip siswa yang ditunjukkan dengan perbaikan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction dapat meningkatkan nilai akademik siswa yang berhubungan dengan hasil belajar sehingga memberikan keuntungan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok atau tugas-tugas akademik sehingga siswa memahami konsep-konsep yang dianggap sulit dapat menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction.

Kata Kunci : Aptitude treatment interaction (ATI) dan hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi 2010. Jakarta: Rineka Cipta.

Brundrett, M., Silcock, P. (2002). Achieving Competence Success and Excellence in Teaching. London: Routledge Falmer.

Gagne, R.M & Brig, L.J. (1979). Principles or Instruction Design. New York: Holt Rinehart and Winston.

Jarolemek. J. & Clifor, D. Foster (1981). Model of teaching. New Yersey: Englangwood Cliff Prenticehall Inc.

Norlander-Case, K. A., Reagan, T. G., & Case, C. W. (1999). Guru profesional: Penyiapan dan pembimbingan praktisi pemikir. Terjemahan S. Romadhona. Jakarta: Penerbit Indeks.

Ramayulis. METODELOGI Pendidikan Agama islam. Jakarta: KALAM MULYA.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALBETA.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics