PENGARUH TEKNIK BIBLIO EDUKASI TERHADAP RASA RENDAH DIRI PADA KELAS XI DI SMANEGERI 8 MATARAM

Hariadi Ahmad, Karunia Dini

Abstract


Biblio edukasi adalah tehnik dalam Bimbingan Konseling menggunakan bahan bacaan, dalam penelitian ini menggunakan cerpen. Rasa rendah diri adalah dimana seseorang merasa kurang mampu bersosialisasi di lingkungan sosialnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Penerapan Biblio Edukasi Teradap Pengaruh rasa Rendah Diri pada siswa kelas XI SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017? Penelitian ini bertujuan Ingin mengetahui penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI SMAN 8 Mataram Tahun Pelejaran 2016/2017.Dalam penelitian ini jumlah populasinya 691 siswa sedangkan subjek penelitian yakni N= 9 siswa Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling (hanya kelas XI Asta IPS 3). Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi sebagai metode pokok, metode dokumentasi, metode angket.Tehnikan analisis data menggunakan analisis statistic dengan rumus t-hitung.Berdasarkan analisis data yang digunakan dalam statistic menggunakan rumus t-hitung, di peroleh t-hitung 2,643 sedangkan dari daftar distribusi t-tabel pada taraf nyata 5% diperoleh 1,379.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (2,643 > 1,379), yaitu hipotesis H0 yang diuji ditolak berbunyi Tidak ada pengaruh penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI Asta 3 di SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Dan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif (Ha) diterima yang berbunyi ada pengaruh pengaruh penerapan biblio edukasi terhadap rasa rendah diri pada siswa kelas XI Asta 3 di SMAN 8 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017, artinya hasil penelitian ini “signifikan”.

Kata Kunci: Biblio Edukasi, Rasa Rendah Diri.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarata: Rineka Cipta

Cece Wijaya dan A. Tabrani Rusyan 1999.Kemampuan Dasar Mengajar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bakri, 1994. Prestasi Belajar Kompetensi Guru.Surabaya: PT. Usaha Nasional

Hamalik Omar, 2000. Metode Mengajar Guru.Bandung: PT Martiana.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

IKIP MATARAM. 2011. Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah.Mataram.

Mardalis.2009. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, 2008.Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Rosada Karya.

Mulyasa, 2011.Manajemen Kepemimpinan Kepsek.Bumi Aksara Putra.

Nazir, Moh. 2001. Metodologi penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Purwanto, 2010.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Purwanto, 2009.Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Riyanto, Y.2001.Metodologi Penelitian.Surabaya: SIC

Riduwan.2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti pemula. Bandung Alfabeta.

Sandjaja, B, dan Heriyanto, Albertus. 2006. Panduan Penelitian. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sahertian, Piet A. 1994. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Satori dan Komariah, 2009.Pendidikan Hasil Belajar Mengajar.PT.Persada.

Sudjana Nana, 2004. Proses Belajar Mengajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya. Nasional




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v2i1.743

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics