PENGARUH TEKNIK SHAPING TERHADAP SIKAP KONFORMITAS PADA SISWA

Ni Made Sulastri, Farida Herna Astuti

Abstract


Teknik Shaping dalam kaitannya dengan konformitas pada siswa mengingat, tujuan dari Shaping adalah untuk membentuk tingkah laku baru yang sebelumnya belum ditampilkan dengan memberikan Reinforcement secara sistematik dan langsung setiap kali tingkah laku ditampilkan. Konformitas merupakan perubahan perilaku sosial sebagai upaya untuk menyesuaikan diri dengan norma kelompok dengan acuan baik ada maupun tidak ada hasil dari proses konformitas bisa positif bisa negatif. Rumusan masalahnya adalah: Apakah Ada Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Sikap Konformitas Pada Siswa.Tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Sikap Konformitas Pada Siswa. Populasi dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MA Attarbiyah Addiniyah Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat yang berjumlah 52 siswa. Di dalam penelitian ini menggunakan teknik Sampling Purposive untuk menentukan sampel dan dihasilkan 11 orang siswa untuk diteliti yang mengalami konformitas yang tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket sebagai metode utama dan metode observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai pelengkap. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik dengan rumus t-test.Sesuai dengan hasil perhitungan t-hitungyang diperoleh dari hasil penelitian menunjukkan 26,32. Sedangkan nilai t-testdalam tabel dengan db (N-1) = 11-1 = 10 dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5% = 2,228. Sehingga hasil yang diperoleh dalam penelitian ini t-hitung lebih kecil daripada t-tabel(26,32>2,228) dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Ada Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Sikap Konformitas Pada Siswa Kelas X MA Attarbiyah Addiniyah Al-Amin Gersik Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2021/2022 Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini “Signifikan”.


Keywords


Teknik shaping, Konformitas

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Danu, & Danu Prasetya. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya : Arloka

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Arikunto. Surakhmad. 2010. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Badudu, J.S & Zain Sultan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Corey, Gerald. 1997. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Eresco.

Crain, William. 2007. Teori Perkembangan Konsep dan Aplikasi. terj. Yudi Santoso, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Feldman S. Robert. 2011. Pengantar Psikologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hidayat, Dede Rahmat. 2011. Psikologi Kepribadian Dalam Konseling. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kartono, K dan Gulo, D. 1987. Kamus Psikologi. Bandung: CV Pionir Jaya.

Komalasari, Gantina., Eka Wahyuni., dan Karsih. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: Indeks.

Kusno, Sutarto, Muzanni, A., Ahmad, H., Rahman, A., Hardiani, N. 2022. Improving Content Knowledge and Technological Skill of University Instructors: A Case Study for Online Learning Implementation during and after the COVID-19 Pandemic. Hong Kong journal of Social Sciences. Volume 59, Spring-Summer 2022, Pages 232-241. City University of Hong Kong Press.

Latipun. 2008. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press.

Lubis, Namora Lumangga. 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Kencana.

McKinney, S. 2013. Truancy: A Research Brief. Status Offense Reform Center, Retrieved from http://www.statusoffensereform.org.

Poewadarminta W.J.S. 1986. Kamus Besar Umum Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwanto, M. Ngalim. 2006. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 1996. Psikologi Komunikasi. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2015. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Robert, A. Baron. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Santoso, Agus. 2017. Konseling Psikospritual Islam. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.

Santrock, John W. 2002. Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Jakarta: Erlangga.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sears, David O., Jonathan L. Freedman., L. Anne Peplau. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Setyowati, Y. 2004. Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Perilaku Membolos Siswa Kelas 3 SMK PGRI 2 Salatiga pada Bulan Juli-Oktober Tahun Ajaran 2003/2004. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sugiyono. 2013. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suharno & Ana Retnoningsih. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Supriyo. 2008. Studi Kasus Bimbingan dan Konseling. Semarang: Nieuw Setapak

Willis, S. 2012. Remaja dan Masalahnya. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics