HUBUNGAN ETIKA PERGAULAN DENGAN KONSEP DIRI SISWA SMA DI KABUPATEN SUMBAWA BARAT

Hariadi Ahmad

Abstract


Pendidikan merupakan sebuah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Aspek perkembangan pribadi siswa diharapkan mampu mengenal kemampuan dan keinginan diri, dan dapat menerima keadaan diri secara positif, sehingga siswa mampu untuk menampilakan perilaku yang merefleksikan keragaman diri dalam lingkungannya. Etika pergaulan sebaya yaitu sopan santun, tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum. Konsep diri adalah semua presepsi kita terhadap aspek diri yang meliputi aspek fisik, aspek sosial, dan aspek psikologis yang di dasarkan pada pengalaman dan interaksi kita dengan yang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan Etika Pergaulan dengan Konsep Diri Siswa SMA di Kabupaten Sumbawa Barat. Penelitian ini terdapat dua variabel yakni Etika Pergaulan dengan indikator: Menghormati sesama siswa, Menghormati ide, Berani menyampaikan sesuatu yang benar, Menyampaikan pendapat secara sopan dan tidak menyinggung perasaan orang lain, Membiasakan diri mengucapkan terimakasih, Berani mengakui kesalahan yang telah dilakukan, Menggunakan bahasa yang sopan. Konsep Diri dengan Indikator: Fisiologis, Psikologis, Psikososiologis, Psikospritual, dan Psikoetika dan moral. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik dengan rumus Korelasi Product Moment. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Kabupaten Sumbawa Barat sebanyak 472 Orang Siswa. Dari hasil perhitungan rxy yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,489 sedangkan nilai rxy dalam tabel dengan taraf signifikan 5% dan N = 95 adalah 0,202 atau (0,489 > 0,202). Kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai rxy yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar dari pada nilai table.


Keywords


Etika Pergaulan, Konsep Diri Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahwan Setiawan. 2019. Hubungan Antara Kesadaran Diri dengan Berpikir Realistik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram.

Damasio, A. 1999. The Feeling of What Hoppen: Baby, Emotion and the Making Conciousness. London. Heineman.

Fathurrohman, M. & Sulistyorini, 2012. Belajar dan Pembelajaran. Depok Sleman Yogjakarta: Teras.

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: CV Pustaka Setia

Goleman, D. 1997. The groundbreaking book that redefines what it means to be smart, Emotional Intelligence Why it can matter more than IQ. The 10th anniversary edition. New York. Bantam Books.

Goleman, D. 2001. Working Whit Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Jakarta. PT Garamedia.

Haerul Faizin. 2017. Pengaruh Konseling Realita Terhadap Prestasi belajar Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Mustakim. 2022. Hubungan Kesetabilan Emosi Dengan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Sma Negeri Kota Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 2 Edisi Oktober 2022. Hal 1664 – 1677. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Ahmad Zainul Irfan dan Dedi Ahlufahmi. 2020. Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Siswa. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 1 Edisi April 2020. Hal 950 – 966. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati dan Jessica Festy Maharani. 2020. Pengaruh Dukungan Psikologis Awal pada Remaja dalam Pencegahan Covid 19. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 5 No 2 Edisi Oktober 2020. Hal 1091 – 1106. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, Lidya Wurru dan Jessica Festy Maharani. 2021. Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Perilaku Agresif pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan NW Belencong. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1205 – 1212. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad, Mustakim dan Syafaruddin. 2018. Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Berfikir Positif Siswa Kelas VIII SMP Negeri Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 1 Edisi April 2018. Hal 482 – 494. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hurlock. E. B. 1995. Perkembangan Anak, jilid 2 edisi ketujuh. Jakarta. PT. Gelora Pratama.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Simmons, J. & Husen, T. 1980. The Education Dilemma Policy Issues for Developing Countries. Oxford. Pergamon Press.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara.

Solso, R. L. 2008. Psikologi Kognitif (terjemahan).Jakarta. Erlangga.

Sprafkin, R. P., Gershaw, N. J. & Goldstein, A. P. 1993. Social Skills for Mental Health, a structured learning approach. Boston. Allyn and Bacon.

Sudjana, N. 2010. Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah. SinarBaruAlgensindo Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta

Sukmadinata, N. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: RasdaKarya..

Suryabrata, S. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali.

Suryeni. 2017. Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Xi Di SMKN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. (Skripsi tidak dipublikasikan). IKIP Mataram. Mataram.

Van Reusen, A. K. 1996. The Self-Advocacy Strategy for Education and Transition Planning. Journal Intervention in School and Clinic. Vol. 32. No.1: 49 – 54.

Zeman, A.Z. 2001. Conciousness. London. Yale University Press.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics