PENGGUNAAN PAPAN HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I PADA SEMESTER I DI SDN 14 CAKRANEGARA

NI KADEK SRI ARTINI

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I. SD Negeri 14 Cakranega, Membaca adalah hal yang di dahulukan karena, dengan membaca anak mulai belajar secara mandiri dengan lebih dini. Tanpa memiliki kemampuan membaca dan menulis yang memadai sejak dini, anak akan mengalami kesulitan belajar di kemudian hari. Dengan membaca kita bisa melihat dunia, dimana kita ketahui kata Belajar merupakan akibat adanya intraksi antara stimulus dan respon. Untuk itu tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas satu dengan menggunakan metode sas dengan media kartu huruf. Sehingga dapat meningkatkan prestas dalam membaca lancar, siswa kelas satu I. SD Negeri 14 Cakranegara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitiaan ini menggunakan tahapan-tahapan yang dilakukan Perencanaan, Pembahasan, Observasi dan Refleksi, penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklu I siklus II dan Siklus III.   Deskripsi hasil dari penlitian ini dapat kita lihat dari masing-masing siklus pada silus I nilai 60,40 (65,63%) sebyak 21 siswa dari jumlah siswa kelas 1 sebanyak 32 siswa. pada siklus II jumlah nilai 60,80 (75,80%) sebanyak 23 siswa dari jumlah 32 siswa, d pada Siklus III nilai 70, (80,80%) sebanyak 30 siswa dari jumlah siswa 32 hanya 2 orang siswa yang tidak tuntas dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa dengan metode menggunakan papan huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca lancar pada kelas I. SD Negeri 14 Cakranegara Tahun Pelajaran 2020/2021. Dapat juga metode ini digunakan dalam pembelajaran selain Bahasa Indonseia.

Keywords


Metode Papan Huruf, kemampuan membaca

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofi’uddin dan Darmiyati Zuhdi, 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Depdiknas.

Aqib, Z, 2007. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Aristo Rahadi, 2004. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas.

Aristo Rahadi, 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah: Proyek Desentralisasi Pendidikan Dasar (ADB) Kota Mataram.

Farida Rahim, 2010. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Herawati dkk, 2008. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia Publishing.

IGAK Wardhani dkk, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jaruki M, 2008. Bahasa Kita Sains SD dan MI Kelas I. Jakarta: Pusat Pan

Karti Suharto, dkk, 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaa: SIC.

Nurjati, 2002. Buku Petunjuk Alat Peraga Sains. Surabaya.

Suyatno, 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC.

Yatim Riyanto, 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.

Zainal Aqib, 2003. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Insan Cendekia.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics