PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DENGAN METODE BERNYANYI DI TK YAZIDA NW TANGAR

Mustakim Mustakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan berbahasa pada anak usia dini dengan metode bernyanyi di TK Yazida NW Tangar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan desain analisis deskriptif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan suatu keadaan dalam sebuah penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terlihat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; Bagaimana peran guru dalam meningkatkan kemampuan berbahasa AUD di TK Yazida NW Tangar kemudian Apakah metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berbahasa AUD di TK Yazida NW Tangar. Hasil analisis data menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan anak dalam berbicara sangat baik. Metode yang digunakan guru yaitu metode bercerita, bercakap-cakap, bermain peran dan karyawisata, dan bernyanyi. Guru memfasilitasi anak dengan cara selalu mendengarkan anak ketika anak berbicara, selalu merespon ketika anak-anak berbicara, dan selalu mendengarkan ide yang disampaikan anak.


Keywords


Peran Guru, Kemampuan Bahasa, AUD, Metode Bernyanyi

Full Text:

PDF

References


Anita. (2015). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal al- shifa. Vol 06 No 02.

Azhari. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangakan Kemampuan Imajinasi Terhadap Keterampilan Bercerita Pada Anak Usia Dini. Mahasiswa PPs UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Chairul Anwar, Teori-Teori Pendidikan Klasik Hingga Kontemporer (Yogyakarta: IRCiSoD, 2017),

Helmawati. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perkembangan Bahasa Anak. (Bandung: Remaja rosdakarya 2016).

Listiyani, Anggari, dkk. (2016). Penerapan Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Di TK Puspita Pandeglang.infantia. vol. 4 No 2.

PERMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak, (Jakarta Depdiknas)

S. Nasution, Sosiologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004),

Supriadi (2003) dalam Wagiyanti. Upaya Meningkatkan Kemampuan Bernyanyi Melalui Media Audio Pda Anak Kelomok B TK Pertiwi 1 Sambi Sambirejo Sragen. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas muhammadiyah Surakarta. (2014).

Susilawati. (2014). Penerapan Metode Bernyanyi Dala Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Deskriptif Tentang Penerapan Metoda Bernyanyi Di PAUD Alazhar Syfa Budi Parahyangan). Jurnal EMPOWERMENT. Vol 4 No 2.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, ( Jakarta : PT Renia Cipta, 2010),

Triatna (2019 hlm 63) dalam Erfinawati, & Ismawirna. (2019). Peran guru dalam membina perkembangan bahasa anak kelompok b di tk cut meutia banda aceh. Jurnal Buah Hati, Vol.6 No.1, 62-68. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/buahhati/article/view/933/870.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.7339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics