EVALUASI KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGHADAPI EXAMINATION ANXIETY

Abdurrahman Dr.

Abstract


Abstrak : Ujian Merupakan kebijakan yang diberlakukan sekolah dan pemerintah dalam bidang pendidikan untuk menentukan standar mutu pendidikan. Hampir seluruh tenaga kependidikan sepakat akan perlunya ujian nasional untuk mengetahui keefektifan berbagai upaya yang dilakukan dalam proses pendidikan, apakah telah membuahkan hasil yang memuaskan atau tidak, dan ujian menjadi bagian tolak ukur keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Siswa-siswi saat ini terkadang mengalami rasa cemas karena mereka akan menghadapi bermacam-macam ujian, mulai dari ujian tengah semester, ujian semester, tertulis, praktik, sampai ujian nasional yang paling membuat mereka cemas. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety Siswa Kelas XI SMAN 6 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Evaluasi kemampauan siswa dalam menghadapai Examination Anxiety ada 5 (lima) Indikator reaksi kecemasan yang dapat mempengaruhi: 1) Suasana hati sebesar 59,33%, 2) Fikiran sebesar 61,33%, 3) Motivasi sebesar 87,11%, 4) perilaku sebesar 61,00%  dan 5) Gerakan biologis sebesar 72,57%.

Kata Kunci:   Evaluasi, kemampauan siswa, Examination Anxiety


Full Text:

PDF

References


Atkinson, Rita L. dkk. 2010. Pengantar psikologi. Interaksara: Tanggerang.

Azwar, Saifudin. 2012. Manusia dan Pengukurannya. Pustaka Pelajar. Jakarta.

Hartono dan Boy Soedarmadji.2012.Psikologi dan Konseling.Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Mardalis. 2004. Metodologi Penelitian, Pendekatan Proposal. Bumi Aksara: Jakarta.

Musafir.2005.Konseling Terapi. Gema Insani: Jakarta.

Nelson-Jones, R. 2012 .Pengantar Ketrampilan Konseling.Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Safaria, Triantoro dan Ekasaputra Nofrans. 2009. Manajemen Emosi. Bumi Aksara. Jakarta.

Slameto.2010 .Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur pnelitian pendekatan suatu praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Supardi. 2012. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Ufuk Press: Jakarta.

Wade dan Tavris Corle. 2007. Psikologi. Erlangga: Jakarta.

Willis dan Sofyan. 2013. Konseling Individual Teori dan Praktik. Alfabeta: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics