MENINGKATKAN MULTIPLE INTELLIGENCES (MI) MELALUI MUSIK
Abstract
ABSTRAK: Perkembangan ilmu pendidikan (penelitian) menunjukkan banyaknya macam-pengetahuan dalam kehidupan manusia (multiple intellegence). Anak yang kurang memahami kecerdasannya sendiri cendrung lebih sulit untuk menentukan hal-hal apa saja yang lebih baik bagi dirinya sendiri untuk dikembangkan. Anak merupakan investasi yang sangat besar bagi keluarga dan bangsa karena bagian dari tongkat estapet bagi kehidupan. Untuk dapat mewujudkan anak-anak yang cerdas dan berkembang potensinya, sebaiknya anak diberikan kesempatan yang luas untuk bermain, bernyanyi, dan mendengarkan musik. Oleh karena itu, anak perlu mendapat perhatian yang lebih serius baik dari orang tua, pendidik maupun masyarakat secara luas agar anak mendapat layanan pendidikan yang layak dan dapat tumbuh dengan sempurna. Anak berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat, baik pertumbuhan fisik, maupun perkembangan fsikis (intellegence). Salah satu yang dapat dilakukan oleh orang tua maupun pendidik untuk meningkatkan multiple intelligence adalah melalui mendengarkan musik. Melalui musik, anak-anak dapat stimulus bagi perkembangan otak/intelligence sekaligus mengenalkan kepada anak akan pentingnya music bagi perkembangannya. Music yang didengar oleh anak secara berkelanjutan dapat merangsang dan meningkatkan kecerdasan, mengembangkan imajinasi positif untuk belajar dengan cara-cara yang baik dan benar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
Kata Kunci: Multiple Intellegence.
Full Text:
PDFReferences
Amstrong ph, Thomas, 2002, Sekolah Para Juara, Bandung: Mizan Media Utama
Arikunto, 2001, Metodologi Penelitian suatu Pendekatan Praktis, Yogyakarta: PT. Metro Putra
Gunawan, 2003, Genius Learning Strategy, Jakarta; Gramedia Pustaka Utama
Hernowo, Bu Slim, 2004, Learning Cenetr, Bandung: Mizan
Gardner, Howard, 2003, Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktek, Jakarta: Interaksi
Lewin, May, 2005, How to Multiply Your Child’s Integence, Jakarta: PT. Indek.
Muklis, 2005, Balita pun Perlu Membaca, Depdiknas
Riyanto, Yatim, 2001, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: SIC
DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.