PENGARUH KONSELING KELOMPOK TERHADAP PENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMP NEGERI 2 BATULAYAR

SONNY GUNAWAN I MADE

Abstract


Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan sikap tanggung jawab siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batulayar. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian digunakan adalah pre-eksperimen yaitu dengan bentuk desain one-group pre-test-post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batulayar Kabupaten Lombok Barat yang berjumlah 57 orang siswa dari tiga kelas. Adapun teknik pengambilan  sampel atau sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuota sampling. Dalam hal ini peneliti menggunakan sampel sebanyak 6 orang. Alasan peneliti menggunakan sampel sebanyak 6 orang karena peneliti ingin menggoptimalkan pelaksanaan penelitian dan juga untuk keefektifan waktu.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sikap tanggung jawab, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus t-tes. Bedasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikan 5%, maka diperoleh hasil penelitian yaitu nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (t-hitung16,578 > t-tabel 2,570) kenyataan ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung yang diperoleh adalah signifikan, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh konseling kelompok terhadap peningkatan sikap tanggung jawab siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batulayar Kabupaten Lombok Barat.

 

Kata Kunci: Konseling Kelompok, dan Sikap Tanggung Jawab


Full Text:

PDF

References


Jacobs, E.E., Harvill, R.L., & Masson, R.L. 1994. Group Counseling: Strategies and Skill. Pacific Grove, California: Brooks/Cole Publishing Company.

Kurnanto, E.M. 2013. Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lickona, T. 2012. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Times Company.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D cetakan ke-19). Bandung: Alfabeta.

Surya, M., & Natawidjaja, R. 1985. Pengantar Bimbingan dan Penyuluhan. Jakarta: Depdikbud-UT.

Wibowo, M.E. 2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UPT UNNES Press.

Winkel, H. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics