HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 6 PRAYA TIMUR LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ani Endriani

Abstract


Abstrak  Perhatian orang tua, terutama dalam hal pendidikan anak sangatlah diperlukan. Terlebih lagi yang harus difokuskan adalah perhatian orang tua terhadap aktivitas belajar yang dilakukan anak sehari-hari dalam kapasitasnya sebagai pelajar dan penuntut ilmu. Bentuk perhatian orang tua terhadap belajar anak dapat berupa pemberian bimbingan dan nasihat, pengawasan terhadap belajar anak, pemberian motivasi dan penghargaan serta pemenuhan kebutuhan belajar anak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombk Tengah  Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah  yang berjumlah 25  siswa, sedangkan tekhnik penentuan sampel menggunakan tekhnik populasi yaitu 25 semua dijadikan sampel, karena kurang dari 100. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar pada siswa kelas VIII SMPN Negeri 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016, di peroleh berdasarkan analisis data menggunakan rumus korelasi  diperoleh hasil yakni r hitung sebesar 9,360, sedangkan nilai r tabel pada taraf signifikansi 5%  dengan N = 25 tersebut diperoleh sebesar 0,396. Dengan demikian, nilai r hitung menunjukkan lebih besar dari pada nilai r tabel sebesar 9,360 > 0,396. Hasil penelitian dan analisis data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha)  dinyatakan diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Oleh karena itu hasil penelitian ini signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini "significant"

Kata Kunci :  Perhatian orang tua dan motivasi belajar


Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan, 2004, Keluarga Sakinah Tinjauan Psikologi dan Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Chen, 2006, Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2011. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. PT. Rineka Cipta. Jakarta

Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Lubis, 1999. Menuju Keluarga Sakinah. Jakarta : Duta Ilmu.

Martin, Handoko, 2010. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Kanisius

Muhyidin, Muhammad. 2003. Bijak Mendidik Anak dan Cerdasa Memahami Orang Tua. Jakarta : PT. Lentera Basritama.

Nasution, 2001, Metode Reseacrh (Penelitian Ilmiah). Jakarta : Bina Aksara.

Nashar, 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press

Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia.

Purwanto, N. 2006. Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : Rosdakarya.

Pujosuwarno. Sayekti, 1994. Bimbingan dan Konseling Keluarga. Yogyakarta : Menara Mas Offset.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sardiman. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Sardiman,2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sprinthall, N.A, Sprinthall, R.C, 1990, Educational Psychology : A Developmental Approach ed.5. New York: Mc. Grawhill

Mulyadi, Seto, 2007. Membangun Komunikasi Bijak Orang Tua dan Anak. Jakarta: Buku Kompas

Soemanto, W. 1998. Psikologi Pendidikan : Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan cet. 4. Jakarta: Rineka Cipta

Tyas, Arum, 2009. Partisipasi Orang Tua terhadap Proses Belajar Siswa Kelas IV SDN Kaliharjo Kecamatan Kali Gesing Kabupaten Purworejo tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi. UNS

Vebrianto,St, 1998. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT Gramedia Widia Sarana Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v1i2.708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics