PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PEMBENTUKAN AGEN ANTI BULLYING DI SEKOLAH

Kiki Saputra, Irman Irman

Abstract


Abstrak

Tulisan ini fokus membahas peran guru BK dalam pembentukan agen anti bullying

di sekolah dengan melakukan pelatihan anti-bullying. Di Indonesia, angka perundungan atau bullying masih sangat tinggi dan mengkhawatirkan. Hampir disetiap sekolah terdapat kasus bullying. Selain itu juga maraknya cyber bullying yang sudah di luar pengawasan sekolah, memiliki dampak luar biasa bagi para korban. Selain memberi pendampingan pada korban bullying, ada salah satu cara untuk memutus mata rantai bullying, yakni dengan memberikan pemahaman secara komprehensif kepada siswa tentang apa itu bullying dan dampak dari bullying melalui sebuah pelatihan pembentukan agen anti-bullying. Penelitian ini dilatarbelakangi perilaku bullying yang terjadi di SMK N 1 PASAMAN.  Tujuan penelitian yaitu 1) Mendeskripsikan perilaku bullying. 2) Mendeskripsikan peranan guru Bimbingan dan Konseling dalam mencegah bullying siswa. 3) Peran guru bk dalam membentuk agen anti bullying. Pembentukan agen anti bullying ini diambil perwakilan siswa-siswi kelas X dan XI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pendekatan deskriptif kualitatif dipilih karena penelitian yang dilakukan adalah berkaitan dengan peristiwa-peristiwa yang sedang berlangsung dan berkenaan dengan kondisi masa sekarang.

Kata Kunci: Peran Guru BK; Perilaku bullying, Agen Anti Bullying

Abstract

This paper focuses on discussing the role of the counseling teacher in forming an anti-bullying agent at school by conducting anti-bullying training. In Indonesia, the number of bullying or bullying is still very high and worrying. Almost every school has cases of bullying. Besides that, the rise of cyber bullying which is outside the supervision of schools, has an extraordinary impact on victims. Apart from providing assistance to victims of bullying, there is one way to break the chain of bullying, namely by providing students with a comprehensive understanding of what bullying is and the impact of bullying through training in the formation of anti-bullying agents. This research was motivated by bullying behavior that occurred at SMK N 1 PASAMAN. The research objectives are 1) to describe bullying behavior. 2) Describe the role of the Guidance and Counseling teacher in preventing student bullying. 3) The role of the counseling teacher in forming anti-bullying agents. The formation of this anti-bullying agent was taken by representatives of class X and XI students. This research uses a type of qualitative research with a descriptive research approach. A qualitative descriptive approach was chosen because the research carried out is related to ongoing events and with regard to current conditions.

Keywords: The Role of the BK Teacher; Bullying behavior, Anti Bullying Agent


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Artikel, I. (2014). Website: ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH Hengki Yandri. 7(1), 97–107.

Distina, P. P. (2019). Program Anti-Bullying Sebagai Pencegahan dan Penanganan Perilaku Bullying di Pesantren. Tawshiyah : Jurnal Sosial Keagamaan Dan Pendidikan Islam, 14(2), 1–23.

Kunci, K. (2022). Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING Adiyono STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot Irvan Universitas Negeri Makassar Rusanti STIQ Rakha Amuntai , Kalimantan Selatan Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilm. 6(3), 649–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Nelisma, Y., & Irman, I. (2022). Proses Konseling Terhadap Nilai Nilai Moral Dalam Persfektif Al-Qur’an. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 227. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.227-233

No Title. (2017).

Pratiwi, N., Anak, P., Dini, U., Yogyakarta, U. N., Sekolah, P. L., & Yogyakarta, U. N. (2022). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di. 6(3), 1408–1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1748

Raya, U. N. (2022). (1) , (2) , (3) 1. 2(1).

Sari, C. A. K. (2020). Pelatihan Anti Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Di Sekolah. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 79–96.

Artikel, I. (2014). Website: ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/pelangi PERAN GURU BK/KONSELOR DALAM PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI SEKOLAH Hengki Yandri. 7(1), 97–107.

Distina, P. P. (2019). Program Anti-Bullying Sebagai Pencegahan dan Penanganan Perilaku Bullying di Pesantren. Tawshiyah : Jurnal Sosial Keagamaan Dan Pendidikan Islam, 14(2), 1–23.

Kunci, K. (2022). Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU BULLYING Adiyono STIT Ibnu Rusyd Tanah Grogot Irvan Universitas Negeri Makassar Rusanti STIQ Rakha Amuntai , Kalimantan Selatan Abstrak Al-Madrasah : Jurnal Ilm. 6(3), 649–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Nelisma, Y., & Irman, I. (2022). Proses Konseling Terhadap Nilai Nilai Moral Dalam Persfektif Al-Qur’an. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 227. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.227-233

No Title. (2017).

Pratiwi, N., Anak, P., Dini, U., Yogyakarta, U. N., Sekolah, P. L., & Yogyakarta, U. N. (2022). Pola Penanganan Guru dalam Menghadapi Bullying di. 6(3), 1408–1415. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1748

Raya, U. N. (2022). (1) , (2) , (3) 1. 2(1).

Sari, C. A. K. (2020). Pelatihan Anti Bullying Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Di Sekolah. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(1), 79–96. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.1.79-96

Zakiyah, Ela Zain, Sahadi Humaedi, Meilani Budiarti S. 2017. Faktor

yang Mempengaruhi Remaja dalam Melakukan Bullying, Jurnal

Penelitian dan PPM, Vol.4, No.2

Zakiyah, Ela Zain, Muhammad Ferdryansyah, Arie Surya Gutama, 2018.

Dampak Bullying pada Tugas Perkembangan Remaja Korban Bullying,

Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, Vol.1, No.3

Sucipto. 2012. Bullying dan Upaya Meminimalisasikannya, Psikopedagogia, Vol.1,

No.1

Hidayati, Nurul. 2012. Bullying pada Anak: Analisis dan Alternatif Solusi,

Insan, Vol.14, No.1

Yani, Athi L; Winarni, Indah; Lesatri, Retno. (2016). “Eksplorasi Fenomena Korban Bullying Pada Kesehatan Jiwa Remaja di Pesantren”, Jurnal Ilmu Keperawatan, vol. 4, No. 2,p.99-113

Yuhbaba, Zidni N.. (2019). “Eksplorasi Perilaku Bullying di Pesantren”. Jurnal Kesehatan dr.Soebandi, Vol.7, N0.1, p. 63-71

Arofa, Isnaini Z; Hudaniah; Zulfiana, Uun. (2018). “Pengaruh Bullying terhadap Empati Ditinjau dari Tipe Sekolah”, Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 06, No.1, p. 74-92




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v8i1.6939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics