Optimalisasi Peran Konselor Sekolah Era Merdeka Belajar

Tri Putri Amelia S, Irman Irman, Wahidah Fitriani

Abstract


Konselor sekolah dalam melaksanakan program memiliki peran yang terintegrasi dengan tujuan pendidikan nasional dan kurikulum merdeka belajar. Untuk mengoptimalkan peran konselor, diperlukan langkah-langkah yang harus dilakukan secara berkesinambungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui optimalisasi peran konselor sekolah dalam merdeka belajar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah empat orang guru bimbingan dan konseling. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah optimalisasi peran konselor sekolah dapat dilakukan dengan upaya sebagai berikut: 1) Memahami pedoman implementasi bimbingan konseling kurikulum Merdeka belajar, 2) Konselor menjalankan peran koordinator, konselor/ terapis, konsultan, agen pencegahan dan agen perubahan, dan asesor. 3) Melaksanakan dan mengevaluasi layanan bimbingan dan konseling yang mengacu pada dimensi Profil Pelajar Pancasila, 4) Konselor berkontribusi dalam penyusunan proyek Profil Pelajar Pancasila, 5) Melakukan pengembangan keprofesian, 6) Menjalin kerjasama. 7) Supervisi


Keywords


Peran Konselor, Optimalisasi dan Merdeka Belajar

Full Text:

PDF

References


Adiguna, J., Fadri, Z., & Irman, I. (2020). Pemanfaatan Konten Ibadah dan Akhlak dalam Media Sosial. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 82–92.

Afdal, A. (2022). Konselor Profesimu Kini dan Nanti 48 Gagasan Tertulis Hasil Pembelajaran Berbasis Masalah Mata Kuliah Profesi Bimbingan dan Konseling FIP UNP.

Anggraini, S. (2017). Peran supervisi bk untuk meningkatkan profesionalisme guru Bk. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 332–341.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Ariyani, I. D. (2019). Peran Tenaga Pendidik Dalam Memberikan Pembelajaran Yang Bermakna Dengan Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 77–84.

Fauziyyah, N., & Irman, I. (2019). Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck. Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(1), 69–78.

Fitrah, M. (2017). Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(1), 31–42.

Idhartono, A. R. (2022). LITERASI DIGITAL PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BAGI ANAK. Devosi: Jurnal Teknologi Pembelajaran, 6(1), 91–96.

Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 4(2), 89–96.

Irman, I., Silvianetri, S., & Zubaidah, Z. (2019). Problem Lansia Dan Tingkat Kepuasannya Dalam Mengikuti Konseling Islam. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(1), 1–11.

Irman, S. A. (2019). PERILAKU LANJUT USIA YANG MENGALAMI KESEPIAN DAN IMPLIKASINYA PADA KONSELING ISLAM.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi guru penggerak merdeka belajar. Bumi Aksara.

Nurhayati, N., & Pw, S. N. (2018). OPTIMALISASI PERAN DAN FUNGSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 13. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v2n2.p147-154

Nursalim, M. (2020). Peran Guru BK/Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 11–18.

Nursalim, M. (2022). IMPLIKASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR BAGI PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 3(1), 19–25.

Putra, E. E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Pembelajaran (Kurikulum Paradigma Baru di Sekolah Penggerak). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kimia, 1(1), 1–5.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics