DESKRIPSI PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI MASALAH KEDISIPLINAN SISWA

Kiki Saputra, Wahidah Fitriani

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa SMK N 01 Pasaman dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah kedisiplinan siswa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain pemberian peringatan kepada siswa, pemberian bimbingan secara individu, pemberian bimbingan secara kelompok, pemanggilan orangtua siswa, pembiasaan kedisiplinan di dalam intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

Abstract. This study aims to determine the role of guidance and counseling teachers in overcoming student discipline problems at SMK N 01 Pasaman by using a descriptive qualitative approach. The results showed that the role of guidance and counseling teachers in overcoming student discipline problems was carried out in several ways, including giving warnings to students, providing individual guidance, providing group guidance, calling students' parents, habituation of discipline in intracurricular and extracurricular activities.


Keywords


Kata Kunci: Peran, Masalah, Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579

FAUZIAH, F. (2022). Peran Guru Bk Menumbuhkan Kesadaran Siswa Agar Disiplin Di Upt Smp Negeri 2 X Koto. EDUCATIONAL : Jurnal Inovasi Pendidikan & Pengajaran, 2(1), 46–51. https://doi.org/10.51878/educational.v2i1.1015

Kosanke, R. M. (2019). 済無No Title No Title No Title. 49–61.

Repository, D. (2012). SOSIAL PADA REMAJA YANG BERJERAWAT ( ACNE VULGARIS ) DI SMAN 3 PADANG TAHUN 2012 Penelitian Keperawatan Jiwa DERI ANGGRAINI.

Rufaedah Aeni Evi. (2019). peran guru bk dalam meningkatkan kedisplinan siswa kelas VII SMP Negeri 2 balongan. Memahami Dasar-Dasar Konseling Dalam Teori Dan Praktik, 8–15.

Utami, S. W. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 4(1), 63. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p63-66

Wini, W. (2020). Peran Guru dalam Menangani Pelanggaran Disiplin Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 02 Tembilahan Kota. ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.46963/asatiza.v1i1.55

Yuhasnil, Y. A. (2021). Peranan Guru dalam Meningkatkan Disiplin belajar siswa Studi Kasus pada Siswa Yang Bermasalah. Indonesia Journal of Civic Education, 1, 58–68.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics