EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Bimantara Wahyu Adi, Akhmad Fajar Prasetya, I Made Sonny Gunawan

Abstract


Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel penelitian dipilih dengan teknik nonprobability sampling design menggunakan purposive sampling. Pemilihan sampel didapatkan 12 siswa dari kelas XI Tata Busana 2 dan XI Tata Busana 3 yang berkategori nilai angket motivasi belajar rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket motivasi belajar dan wawancara. Peneliti menggunakan teknik analisis data dengan uji wikcoxon yang termasuk dalam analisis non parametrik. Hasil penelitian menunjukan konseling kelompok cognitive behavior therapy (CBT) teknik cognitive restructuring efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.


Keywords


Konseling kelompok, cogntive restructuring, motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Aini, D. K. (2019). Penerapan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 70.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. PT Rineka Cipta.

Hariyanti, D. D. M. (2013). Aplication of rational emotive behavior group counseling to improve VIII G-Class student learning motivation of yayasan pendidikan 17 Surabaya junior high school. Jurnal Pendidikan UNESA, 01(01), 0–206.

Hapsyah, D. R., Handayani, R., Marjo, H. K., & Hanim, W. (2019). Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy (Rebt) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 23–33.

Kurnanto, E. (2013). Konseling Kelompok (H. Nurahmi (ed.)). Alfabeta.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 109.

Noviandari, H., & Kawakib, J. (2016). Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Self Efficacy Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 3(2), 76–86.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rumiani, N. W., Suarni, N. K., & Putri, D. A. W. M. (2014). Penerapan Konseling Behavioral Teknik Modeling Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII 6 SMPN 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, Vol 2(No 1), hlm 2.

Sardiman, A. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131–145.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics