PENGARUH LAYANAN INFORMASI KARIR TERHADAP SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS XI SMKN 3 MATARAM

Putri Ilvia Muzdallifah, Ni Ketut Alit Suarti, Dewi Rayani

Abstract


Berdasarkan kondisi yang terjadi di SMKN 3 Mataram bahwa ada sedikit siswa mengambil jurusan yang ditempuh saat ini dikarenakan mengikuti pilihan teman atau memilih jurusan hanya sekedar memilih tanpa mempertimbangkan bakat dan minatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi karir terhadap self efficacy siswa kelas XI SMKN 3 Mataran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi karir terhadap self efficacy siswa kelas XI SMKN 3 Mataran. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode utama, observasi, wawancara, serta dokumentasi sebagai pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 131 siswa dan 5 yang memiliki self efficacy rendah. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive random sampling dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test, dimana hasil analisis data t hitung sebesar 10,677 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan db (N-1) = 4 sebesar 2,776. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai t pada tabel (10,677 > 2,776), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh layanan informasi karir terhadap self efficacy siswa kelas XI SMKN 3 Mataram, maka hasil penelitian ini dinyatakan Signifikan.


Keywords


Layanan Informasi Karir, Self Efficacy

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 1997. Self Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Chaplin, J.P. 2000. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali.

Dyan Widyaningrum, T. D. 2016. Pengaruh Bimbingan Karier terhadap Efikasi Diri dalam. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY VOLUME 2 NO. 2, 2016: 86-100, 86-100.

Ghufron, M. N. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariastuti, Tri Retno. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Hartono. 2016. Bimbingan Karir. Jakarta: Kencana.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Jaenudin, U. 2016. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia. Bandung.

Prayitno. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratnasari, Ria, Dra. Hj. Elni Yakub, Msi , Drs. Abu Asyari,Kons. 2014. Pengaruh Layanan Informasi Tentang Wawasan Karir Terhadap Self Efficacy Karir Siwa Kelas X SMK Negeri 4 Pekanbaru. 1-15.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Tohirin. 2019. Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Madrasah (Berbasis Integrasi). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta.

Walgito, 2010. Bimbingan Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Wardati & Mohammad Jauhari. 2011. Implementasi Bimbingan & Konseling. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics