PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS XI DI SMAN 7 MATARAM

Ruhil Kusmawati, Farida Herna Astuti, Khairul Huda

Abstract


Teknik role playing merupakan suatu model penguasaan bahan-bahan pembelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan siswa dengan memerankannya sebagai tokoh hidup. Sikap tanggung jawab dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dari faktor internal seperti dari diri siswa atau keluarga itu sendiri seperti anak tidak mendapat kasih sayang, orang tua tidak memiliki waktu karena terlalu sibuk, tidak memberikan kasih sayang yang sepenuhnya dan kurangnya motivasi, dan dari faktor eksternal seperti faktor ekeonomi orang tua yang kurang mampu, sering tidak masuk sekolah karena membantu orang tua, waktu luang tidak digunakan dengan baik, dan lingkungan tempat bergaul. Oleh karena itu untuk merubah sikap tanggung jawab yang tidak baik maka diberikan treatment bimbingan kelompok dalam teknik role playing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik role playing terhadap sikap tanggung jawab pada siswa kelas XI di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test-post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI SMAN 7 Mataram yang berjumlah 41 siswa, dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 7 siswa yang terindikasi memiliki tingkat sikap tanggung jawab rendah berdasarkan hasil pre-test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar (5,474), sedangkan untuk nilai t tabel dengan db (N-1)= 7-1=6 pada taraf signifikansi 5% sebesar (2,447) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini: Ada Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Sikap Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas XI di SMAN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022, sehingga dapat di simpulkan hasil penelitian ini “Signifikan”.

Keywords


Role Playing, Sikap Tanggung Jawab

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2005. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corey, Gerald. 2005. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama

Devy Pramita Linggawati. 2017. Pengaruh Role Playing dalam Bimbingan Kelompok terhadap Etika Komunikasi Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Jatipuro Tahun Pelajaran 2016/2017. Tidak diterbitkan. Jawa Tengah: Jatipuro.

Djumhur & Moh.Surya. 2001. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung : CV ILMU.

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Joko Tri Prasentya. 2013 Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kemandirian Belajar Melalui Metode Tutorial. Jurnal Pendidikan:

Komalasari. 2010.Pembelajaran Kontekstual. Bandung:PT Refika Aditama.

Komalasari. 2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep Dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Komalasari. dkk. 2011. Teori Dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Miptahul, J. 2018. Skripsi. Pengaruh Teknik Role Playing terhadap Sifat Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Plus Miftahul Falah Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.

Musfiqon.2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustaka karya.

Mustari, Mohammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mustari, Muhamad. 2011. Nilai Karakter Referensi Kependidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nursa’ban, Muhammad. 2013. Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan

Ridwan.2015. Skala Pengukuran Vaiabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Penyusun Pedoman Pembimbingan dan Penulisan Karya Ilmiah. 2011. Pedoman Pembimbingan Dan Penulisan Karya Ilmiah. IKIP Mataram.

Walgito Bimo. 2004. Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Widagdho Djoko. 2008. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Winkel.2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics