PENGARUH KONSELING REALITA TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA DI SMA NEGERI 1 SIKUR LOMBOK TIMUR

M. Zainuddin

Abstract


Konseling realitas adalah pendekatan yang didasarkan pada anggapan tentang adanya suatu kebutuhan psikologis pada seluruh kehidupannya; kebutuhan akan identitas diri, yaitu kebutuhan untuk merasa unik, terpisah dan  berbeda dengan orang lain, sehingga diberikan suatu treatment (perlakuan) dan pemahaman tentang perilaku sosial dengan harapan bisa diterapkan dalam kehidupannya sehingga bisa berkembang secara optimal,dalam hal ini peneliti berharap konseling realita menjadi suatu layanan yang paling tepat memberi kontribusi untuk membentuk perilaku sosial diri peserta didik. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah “Pengaruh Konseling Realita Terhadap Perilaku Sosial Siswa Di SMA Negeri 1 Sikur Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian subyek, dimana subyek dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Subyek diambil dari Kelas X dan XI berdasarkan hasil analisis angket pree test yaitu sebanyak 37 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pree test - post test. Data dikumpulkan melalui angket sebagai metode pokok, metode observasi dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan  rumus statistik uji t. Setelah data dianalisis didapatkan nilai thitung (to) adalah 6,054. Kemudian nilai tersebut dikonsultasikan dengan nilai ttabel (tt) pada taraf signifikan 5% dengan degree of freedom (df atau db)= N (N-1)=36 atau 37-1=36 sehingga didapatkan nilai ttabel sebesar 2,021. Dan disimpulkan bahwa  6,054> 2,021atau to > tt. Sehingga Ha menyatakan bahwa “ Ada Pengaruh Konseling Realita Terhadap Perilaku Sosial Siswa SMA Negeri 1 Sikur Lombok Timur Tahun Pelajaran 2021/2022”.

Keywords


konseling realita dan perilaku sosial

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi social. Jakarta: Rineka Cipta

Ali, M dan Asrori, M. 2014. Psikologi remaja perkembangan peserta didik. PT. Bumi Aksana: Bandung.

Arifin, 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Bina Aksara

Corey. 2013, teori dan peraktik konseling dan psikoterapi. Bandung: PT. Rafika Aditama

Dayaksini T, Hudaniah (2015) Psikologi Sosial, Malang: UMM Press

Fathurrohman,Pupuh & Sutikno, Sobri, 2010. Strategi Belajar Mengajar melalui penanaman konsep umum & konsep islami, Bandung: Refika Aditama

Gibson & Mitchell. 2016, Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Hanifa. 2011. pengaruh komunikasi dalam rumah tangga terhadap perilaku sosial siswa SMK assullamy langko tahun pelajaran 2010/2011. Mataram. Perpustakaan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, dan Yolana Oktaviani. 2019. Pengaruh Teknik Self Instruction Terhadap Harga Diri Siswa Kelas Kelas XI di SMK Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 2 Edisi Oktober 2019. Hal 806 – 815. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hariadi Ahmad. 2022. Pengaruh Media Visual terhadap Sikap Kemandirian SMA di Kabupaten Lombok Barat. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 7 No 1 Edisi April 2022. Hal 1508 – 1514. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Hasrul dan Hariadi Ahmad. 2021. Mereduksi Prasangka Etnik Siswa dengan Teknik Restructuing Cognitive Suatu Krangka Konseptual. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 1 Edisi April 2021. Hal 1213 – 1222. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.

Latifun. 2011, psikologi konseling. Malang. UPT Universitas Muhammadiah Malang

Mardalis. 2006. Metodelogi research social. Jakrta: Aneka Cipta.

Margono, S. 2010. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Mutaqin, Ahmad Nor. 2010, konseling individual yang tidak lulus ujian nasional di SMK Muhammadiah 1 moyuden sleman. Medan

Poerwadarminta. 2006. Kamus umum bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta: PN Balai Pustaka

Subana. Dkk. 2009. Statistic pendidikan. CV. Pustaka Setia: Bandung.

Sugiono. 2010. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Suryabarta, Sumadi, 2012. Metodologi penelitian. Jakarta: Rajawali Pers

Sutoyo, Anwar. 2012, pemahaman individu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wahyu dan Silaban. 2011. Kamus pintar bahasa Indonesia. Bandung: Epsilon Group

Walgito, Bimo, 2009. Psikologi social (suatu pengantar). Yogyakarta: Andi

Widiastuti. 2011, pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa SMP N 6 peraya timur tahun pelajaran 2010/2011. Mataram. Perpustakaan IKIP Mataram




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics