PENGARUH TEKNIK VIDEO EDUKASI TERHADAP PERILAKU BULLYING SECARA VERBAL PADA SISWA DI YAYASAN PEDULI ANAK

M. Najamuddin, Ahmad Zainul Irfan

Abstract


Semakin berkembangnya zaman perilaku siswa khususnya para remaja saat ini menunjukkan perilaku negatif pada orang tua dan pada temannya sendiri. Apalagi dengan adanya handphone membuat perilaku remaja saat ini minim atitude, karena mereka bisa menonton video dengan bebas dan meniru peran didalam video tersebut baik peran yang positif maupun yang negatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah ada pengaruh teknik video edukasi terhadap perilaku bullying secara verbal? pada siswa SMP kelas VIII di Yayasan peduli Anak tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik video edukasi terhadap perilaku bullying secara verbal pada siswa SMP Kelas VIII Di Yayasan Peduli Anak Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan rancangan one group pre-test dan post-test design. Populasinya yaitu ada 19 siswa dan 6 siswa memiliki perilaku bullying tergolong tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan rumus t-test, yakni 4,085 dan setelah dicocokkan dengan nilai ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan (N-1)=(6-1)=5 sebesar, 2,571. Dengan demikian nilai t hitung lebih besar daripada nilai ttabel (4,085>2,571), sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh teknik video edukasi terhadap perilaku bullying pada siswa SMP kelas VIII di Yayasan peduli Anak Tahun Pelajaran 2021/2022, maka hasil penelitian ini dapat dinyatakan signifikan.


Keywords


Perilaku Bullying Verbal: Teknik Video Edukasi

Full Text:

PDF

References


Azwar, 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

http://www.gurupendidikan.com/pengertian-komunikasi-interpersonal-menurut-para-ahli/diakses. Diakses pada Tanggal 24 Juli 2019 Pukul 19.00 WITA.

Intan Ratnafuri Hardianti, 2010/2011. Peningkatan kemampuan komuikasi matematika melalui srategi pembelajaran role playing bagi siswa kelas III semester Genap SD Negeri banyuagung 2 surakarta.

Jalaluddin, 2012. Psikologi komunikasi. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Khairani Makmun: 2015. Psikologi komunikasi dalam pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja pressindo.

Komalasari Kokom: 2017. Pembelajaran Kontektual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Laksana Muhibudin Wijaya, dkk: 2015. Psikologi Komunikasi, membangunkomunikasi yang efektif dalam interaksi manusia. Bandung. Cv pustaka setia.

Lilies Ratna: 2013. Teknik-teknik konseling. Cv Budi Utama.

Masturi Ade. 2010. Membangun Relasi Sosial Melalui Komunikasi Empatik

Reny Handayani, 2010/2011. Penerpan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas V SDN pelemgadung 1 karang malang sragen.

Sitompul Dian Novianti. 2015. Pengaruh Penerapan Layanan BimbinganKelompok Teknik Role-Playing Terhadap Prilaku Solidaritas SiswaDalam Menolong Teman Di SMANegeri Rantau Utara T.A 2014/2015.

Sudirman. 2011. Pendidikan Keterampilan (Online). Diakses pada Tanggal 24 Juli 2019 Pukul 19.00 WITA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta

Taniredja Tukiran. dkk. 2015. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif.Bandung. Alfabet.

Yustian Yunus, dkk. 2013. Efektifitas Model Pembeljaran Role Playing Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Kisah Hijrah Pada Mata Pelajaran PAI di SMP 7 Bandung.

Yusuf Muri, 2014. Metode Penelitian. Prenadamedia Group: Jakarta.

Wulansari Hertina, 2013. Hubungan antara Komunikasi yang Efektif dan harga Diri dengan Kohesivitas Kelompok pada Pasukan Suporter Solo Sejati (Paseopati).

Hariadi Ahmad. 2013. Pengembagan Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP. Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. (Tesis, Tidak diterbitkan)

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Panduan Pelatihan Self Advocacy Siswa SMP untuk Konselor Sekolah. LPP Mandala. Mataram

Hariadi Ahmad dan Aluh Hartati. 2016. Penerapan Teknik Structure Learning Approach dalam Meningkatkan Self Advocacy Mahasiswa Prodi BK IKIP Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No 2 Edisi Oktober 2016. Hal 117 – 127. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad dan Dini Kurnia. 2017. Pengaruh Teknik Biblio Edukasi Terhadap Rasa Rendah Diri Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 8 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 2 No 1 Edisi April 2017. Hal 194 – 202. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram

Hariadi Ahmad, Aluh Hartati, dan Nuraeni. 2018. Penerapan Teknik Structure Learning Approach (SLA) dalam Meningkatkan Kesadaran Empati Diri Siswa Madrasah Aliyah Al Badriyah. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No 2 Edisi Oktober 2018. Hal 600 – 605 Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad, dan Lalu Andry Adifa Maulana. 2019. Pengaruh Teknik Video Edukasi Terhadap Berfikir Positif Siswa SMPN 16 Mataram. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 4 No 1 Edisi April 2019. Hal 727 – 741. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram.

Hariadi Ahmad. 2021. Hubungan Kestabilan Emosi Dengan Kontrol Diri Siswa Sekolah Menegah Pertama. Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 6 No 2 Edisi Oktober 2021. Hal 1354 – 1364. Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika.




DOI: https://doi.org/10.33394/realita.v7i2.6145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

            

 

 

  Web Analytics